Sabtu, 20 April 2024, 7:19
Home / NEWS / PRAJURIT YONMARHANLAN V LATIHAN HANMARS UJI KETAHANAN FISIK
Danyonmarhanla V Mayor Marinir Agus Hariyanto, M.Tr.Hanla Saat Memberikan Pengarahan Jalannya Rute Latihan Fisik Di Pangkalan Yonmarhanla V Surbaya, Jumat (29/09/2017). Sumber Foto : Endri Soedarto

PRAJURIT YONMARHANLAN V LATIHAN HANMARS UJI KETAHANAN FISIK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Untuk menguji ketahanan fisik, sedikitnya 160 prajurit dari Dinas Kesehatan Lantamal V dan Prajurit Batalyon Pertahanan Pangkalan V  (YonmarhanlanV) melaksanakan latihan Hanmars (jalan kaki jarak jauh) gabungan yang dipimpin langsung Kadiskes Lantamal V Kolonel Laut (K) Dr Asih Puji Widodo dan Danyonmarhanlan V Mayor Mar Agus Hariyanto, M.Tr.Hanla, Jum’at (29/09/2017).

Menurut Kadiskes Lantamal V,  tujuan dilaksanakannya latihan Hanmars gabungan ini adalah untuk tetap menjaga kebugaran fisik prajurit. “Latihan ini sudah sering kita laksanakan untuk tetap menjaga kebugaran fisik para prajurit, selain juga merupakan  binpers dalam memelihara kemampuan dasar prajurit, menambah spririt dan jiwa korea satuan,” terang Puji-Kadiskes Lantamal V ini.

Lanjut Puji, pelaksanaan latihan Hanmars gabungan dengan Yonmarhanlan V ini merupakan latihan perdana. Sementara itu Danyonmarhanlan V membenarkan pelaksanaan Hanmars gabungan dengan Diskes, menurutnya latihan Hanmars bagi Yonmarhanlan V sendiri pelaksanaannya sudah terprogram setiap bulannya,  pelaksanaannya tiga kali dalam sebulan.

Dimasa damai seperti ini lanjutnya, kita melaksanakan latihan terus menerus sesuai program yang telah dijadwalkan untuk menyiapkan fisik guna menjaga kesiagaan kapanpun pasukan digerakkan untuk pelaksanaan tugas.

Adapun route Hanmars dimulai dari Mako Yonmarharlan V, Penjagaan Pomal, Patung Gajah Mada, Pos Candi, Menkav, Alstom, Bandarejo, Pos Swedi, Pos Bulak Banteng, Pos Wonosari, Kolatarmatim finish kembali di MakoYonmarharlan V dengan jarak tempuh 10 kilometer.

Latihan ini sengaja mengambil route di dalam basis TNI AL agar para prajurit lebih memahami situasi dan lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Secara bertahap, latihan ini akan ditingkatkan.

Sementara ini jumlah personel yang mengikuti laithan ini memang kita batasi, akan tetapi secara berkesinambungan akan terus  ditingkatkan, baik itu beban yang dibawa (perlengkapan dalam ransel, red) maupun jumlah personel yang terlibat. (Endri Soedarto)

Check Also

BEGINI KEGIATAN WISUDA UNSURI TAHUN 2023

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Universitas Sunan Giri Surabaya Jl. Brigjend Katamso Sidoarjo berhasil