Rabu, 24 Oktober 2018, 7:36
Home / NEWS / BUDE KARWO BANGGA PAMEKASAN JADI PASAR BATIK DUNIA

BUDE KARWO BANGGA PAMEKASAN JADI PASAR BATIK DUNIA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA.¬†Pencetusan Pamekasan sebagai Pasar batik dunia membuat bangga Bude Karwo. Diketahui Ada sekira 103 perajin batik di Pamekasan. Hal tersebut tidak lepas dari peran serta para perajin batik Pamekasan yang terus giat membuat batik dengan ciri khas sendiri. Dan juga, adanya Paguyuban Sekar Jagad yang ikut mempromosikan batik Pamekasan di setiap kegiatan yang diselenggarakannya. “Keistimewaan batik Pamekasan adalah harga yang murah dan model yang banyak. Agar bisa bersaing di pasar global harus ada standarisasi,” tutur Bude Karwo.

Sementara itu Gusti Kanjeng Bendoro, Raden Ayu Adipati Pakualam menuturkan pembatik Pamekasan sungguh luar biasa dengan karya yang hebat. Hal itu diwujudkan ketika diadakan salah satu pameran batik di DIY. Banyak masyarakat yang antusias akan batik Pamekasan. “hal tersebut merupakan wujud bahwa Batik Pamekasan bisa menjadi warna baru dalam batik dunia,” ungkapnya.

Wanita yang juga sebagai Penasehat Paguyuban Sekar Jagad itu mengajak untuk meningkatkan sinergitas untuk kemajuan batik Indonesia. Jangan sampai batik diakui milik negara lain. Sebagai contoh Malaysia dan Brunei mulai mencontoh batik Indonesia. “Hal tersebut menjadi tantangan kita untuk terus membatik dengan kreasi yang lain,” tambahnya. (Red)

Check Also

SANTRI PONPES BANI RANCANG PROBOLINGGO INI, RAYAKAN HSN DENGAN POLOK’AN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Meski puncak peringatan hari santri nasional, sudah lewat yakni pada 22 Oktober …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *