Selasa, 23 April 2024, 14:36
Home / Uncategorized / 8 DESA DI KECAMATAN TONGAS, SEGERA TERALIRI “JARGAS”
Sosialisasi Jargas di Kecamatan Tongas.

8 DESA DI KECAMATAN TONGAS, SEGERA TERALIRI “JARGAS”

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Sebanyak 5.321 sambungan baru (SR), jaringas gas (Jargas), akan terpasang 8 desa di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Kamis (04/10/2018).

Konstruksi sambungan baru Jargas itu, rencananya akan direalisasikan pada tahun 2019 mendatang. Dengan rincian, Bayeman 1.458 SR, Curahdringu 407 SR, Curahtulis 688 SR, Dungun 269 SR, Tongas Kulon 396 SR, Tongas Wetan 714 SR, Tambakrejo 138 SR, dan Tanjungrejo 1.215 SR.

Adanya program strategis nasional itu pun, direspon positif dan didukung oleh masyarakat Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Seperti yang disampaikan, Iwan Kurniawan, warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas. Iwan mengaku mendukung, adanya sambungan baru proyek Jargas di daerah tempat tinggalnya.

“Kami pada prinsipnya sangat mendukung program ini, tapi kami meminta beberapa harapan,” tuturnya.

Iwan menyebutkan, besar harapannya agar dalam realisasi proyek Jargas itu, juga melibatkan pengurus RT dan RW apabila konstruksi mulai dilakukan. Terutama saat memulai program, pembangunan awal.

Dijelaskan jika tujuannya mengetahui persis, titik lokasi pembangunan adalah masyarakat. “Kami khawatir kalau tidak ada koordinasi, justru mengakibatkan kerusakan,” tukasnya.

“Misalnya, saat titik galian ternyata ada kabel atau pipa milik warga yang mengaliri air. Dari pada harus mengganti karena rusak, lebih baik koordinasi,” terang Iwan.

Iwan juga berharap, adanya keterlibatan penduduk sekitar, terkait dengan pemberdayaan sumberdaya manusia.

“Akan lebih baik, jika program pembangunan nantinya memanfaatkan tukang – tukang asal desa setempat. Dengan cara demikian, ada hubungan take and give antara pemenang lelang dengan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA, Kabupaten Probolinggo, Santoso mengaku, menerima masukan itu dan akan ditampung, serta disampaikan kepada pemenang lelang, setelah nanti lelang di mulai di Kementerian ESDM.

“Karena proyek ini anggaran ada di kementerian, kami akan semaksimal mungkin, setiap masukan bisa terakomodasi,” ujarnya. (Zulkiflie)

Check Also

SYARAT BST PAKAI BUKTI VAKSIN INI YANG TERJADI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) telah