Rabu, 17 Juli 2019, 19:51
Home / KESEHATAN / WOW TERNYATA OBAT SERANGGA BISA MENYEBABKAN KANKER PADA ANAK
Ilustrasi Obat Serangga (Google)

WOW TERNYATA OBAT SERANGGA BISA MENYEBABKAN KANKER PADA ANAK

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kanker saat ini masih termasuk salah satu penyakit yang mematikan, penyebab penyakit kanker juga banyak diketahui tetapi banyak yang mengabaikan berbagai hal pemicu kanker.

Terkadang bahkan kita masih memanfaatkan bahkan menggunakan benda berbahaya di rumah seperti penggunaan obat pembasmi nyamuk untuk melindungi kita dan keluarga dari gigitan nyamuk.

Sebuah studi yang dirilis dalam The Journal of Pediatrics menyatakan, anak – anak yang sering terpapar obat serangga di rumah risiko terkena kanker lebih besar yang dianalisa 16 penelitian menghubungkan antara penggunaan obat serangga dengan penyebab kanker pada anak dan berpotensi 43% terkena lymphoma yang merupakan jenis kanker darah.

Penulis studi Cheng Sheng Lu dari Harvard T.H Chan School of Public Health di Boston, “Yang perlu diingat oleh orang tua ialah, setiap obat serangga diciptakan untuk membunuh organisme. Manusia pun termasuk organisme. Sehingga, orangtua sebaiknya tidak menggunakan obat serangga di tempat bermain atau ruang tidur anak,” ungkapnya seperti dikutip nakita, Sabtu (29/06/2019).

Analisis terbaru yang diamati peneliti anak yang sering terpapar beragam jenis pestisida, seperti obat serangga, obat penyemprot nyamuk masal, hingga pestisida pada makanan lebih berbahaya, “Anak – anak lebih mudah terkena dampak obat serangga ketimbang orang dewasa, karena kekebalan tubuh mereka masih lemah. Tubuh mereka mungkin masih kurang mampu untuk melakukan detoksifikasi dan mengeluarkan racun layaknya orang dewasa,” ungkap seorang peneliti.

Selain menyebabkan kanker obat serangga dapat membuat anak mengalami masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan pada sistem pernapasan, pencernaan, maupun syaraf akibat dari racun yang ada pada obat serangga sehingga dianjurkan orangtua untuk mengurangi penggunaan obat serangga di rumah. (Red)

Check Also

JENGUK RISMA KHOFIFAH DISKUSI MASALAH KEKURANGAN AIR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang sakit dan