Sabtu, 24 Oktober 2020, 22:33
Home / NEWS / PJS BUPATI TRENGGALEK BILANG OPERASI YUSTISI AGAR MASYARAKAT SADAR PROTOKOL KESEHATAN
Benny Sampirwanto

PJS BUPATI TRENGGALEK BILANG OPERASI YUSTISI AGAR MASYARAKAT SADAR PROTOKOL KESEHATAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Berbagai upaya Pemerintah dalam rangkamemutus rantai penyebaran covid – 19 terus dilakukan termasuk melakukan penegakan pencegahannya pada masyarakat seperti yang dilakukan tim gabungan dari Satpol PP, Polres, dan Kodim Trenggalek.

Melakukan operasi yustisi gabungan guna penegakan pencegahan dan pengendalian covid – 19 yang dilakukan di wilayah Kecamatan Gandusari dan seputaran kota Trenggalek disambut baik oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Trenggalek, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si.

Di lapangan sendiri masih banyak ditemukan masyarakat tidak menggunakan masker dengan berbagai alasan padahal diakui Benny sapaan akarabnya Pemerintah telah banyak melakukan berbagai kegiatan sosialisasi serta melakukan operasi.

Sehingga operasi yustisi dianggap satu diantara upaya terakhir yang paling ampuh untuk memberikan penyadaran akan arti penting pemakaian masker untuk mencegah dan memotong mata rantai penyebaran covid – 19, “selama vaksin covid – 19 belum ditemukan, penggunakan masker yang benar menjadi cara utama pencegahan virus ini,” ungkap pria yang juga menjabat Kadiskominfo Provinsi Jawa Timur ini.

Selain memakai masker yang menutup hidung hingga dagu bukan hanya dari mulut hingga dagu cara lain menerapkan protokol kesehatan diantaranya menjaga jarak atau physical distancing dengan lawan bicara, sering mencuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir, serta menjalani prilaku hidup sehat, seperti tidur dan makan cukup, serta tidak sering stress.

Operasi gabungan covid – 19.

Sementara Kepala Kasatpol PPK Drs. Stefanus Triadi Atmono, M.Si mengatakan operasi ini menjaring 14 orang, “satu pelanggar diberikan sanksi denda administrasi, selebihnya diberikan sanksi sosial dengan menyanyikan lagu wajib,” ungkapnya.

Dijelaskan denda administratif diterapkan bila seseorang tidak memakai masker, tetapi sanksi sosial diterapkan bagi mereka yang memiliki masker tetapi tidak memakainya. Dalam operasi Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si memimpin langsung operasi penindakan lapangan di wilayah yang telah ditetapkan.

Dijelaskan hingga saat ini Kabupaten Trenggalek termasuk wilayah dalam peta warna kuning dari awal Agustus lalu yang berarti resiko kenaikan kasus di wilayah ini berkategori rendah. (Red)

Check Also

PJS BUPATI TRENGGALEK APRESIASI INOVASI KAPOLRES KHUSUSNYA PROGRAM BAGI PARA DIFABEL

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Pjs Bupati Trenggalek Benny Sampir Wanto