Jumat, 18 Juni 2021, 11:48
Home / TEKNO / INTERNET / LAYANAN 5G DAPAT DIAKSES DI WILAYAH INI
Ilustrasi internet

LAYANAN 5G DAPAT DIAKSES DI WILAYAH INI

WAGATABERITA.COM – SOLO. Layanan 5G saat ini mulai dapat dinikmati para pengguna layanan internet pasalnya beberapa waktu lalu Menkominfo Johnny G Plate telah meresmikan peluncuran jaringan 5G milik Telkomsel yang saat ini kembali ditambah serentak di tiga kota perintis, yakni Surakarta, Balikpapan, dan Medan.

Di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Menkominfo meresmikan peluncuran layanan 5G serentak di tiga kota perintis tersebut yang dihadiri Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Dipilihnya Surakarta sebagai lokasi peluncuran didasarkan dua faktor, historis dan komersial karena Solo dikenal sebagai kota perintis di bidang olah raga, jurnalistik, dan lainnya sejak lama dan faktor komersial karena perkembangan ekonomi kota Surakarta dan sekitarnya semakin pesat beberapa tahun terakhir ini.

Operator lain juga akan didukung pengembangan teknologi ini, “untuk itu Pemerintah Daerah (pemda) harus mendukung langkah ini supaya bisa dilakukan dengan cepat seperti deploymentinfrastruktur repeater di atas gedung – gedung bahkan bisa juga di lampu merah,” jelas Menteri Johnny dikutip laman Indonesiago Kamis (03/06/2021).

Operator diminta mengontrol penggunaan layanan 5G agar tidak disalahgunakan tetapi dapat bermanfaat mendukung ekonomi khususnya dari sisi hilir dengan pengembangan e – commerce pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal serta layanan pembiayaan digital (digital financing).

Jaringan 5G dijelaskan memiliki kecepatan 20 – 30 kali dibanding jaringan 4G yang akan tetap ada termasuk 3G diterangkan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulia Syam sedikitnya ada enam lokasi di Kota Solo yang sudah bisa mencicipi jaringan 5G seperti di Grapari Solo dan klaster Balai Kota Solo.

Layanan sebesar 816 Mbps untuk mendownload dan 30 Mbps untuk upload ini tengah disiapkan Telkomsel juga di Batam, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, kawasan kampus ITB Bandung dan Telkom University, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Sementara, sejumlah redisensial di sekitar Jakarta sudah dapat mengakses hotspotjaringan 5G seperti di Alam Sutera, Banten, Bumi Serpong Damai, Banten, Kelapa Gading, DKI Jakarta, Pantai Indah Kapuk, DKI Jakarta, Pondok Indah, DKI Jakarta, dan Widya Chandra, DKI Jakarta. (Red)

Check Also

KHOFIFAH MINTA PEGIAT MEDSOS JADI SPEAKER HIDUP RUKUN PENUH HARMONI DI JATIM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa