Sabtu, 21 Juli 2018, 3:03
Home / NEWS / HUKUM / POLDA JATIM BERHASIL MEMBONGKAR INDUSTRI JAMU ILEGAL
Ilustrasi Penggerebekan Gudang Jamu. Sumber Foto : Google

POLDA JATIM BERHASIL MEMBONGKAR INDUSTRI JAMU ILEGAL

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Petugas Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Jawa Timur berhasil membongkar industri jamu ilegal yang berada di komplek pergudangan Satria Eco Park, Balongbendo Sidoarjo.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, di Sidoarjo, akhir pekan ini, mengatakan, pengungkapan kasus itu bermula dari hasil pengungkapan di Gresik beberapa waktu yang lalu.

“Setelah itu, petugas kemudian mengikuti lokasi produksinya dan diketahui berada di komplek pergudangan ini. Sudah lama beroperasi, tetapi lokasinya berpindah – pindah dan di lokasi ini juga masih baru,” ungkapnya.

Produksi jamu yang diduga tanpa dilengkapi dengan izin edar dan izin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Pelakunya saat ini masih dalam pengejaran petugas ke seluruh wilayah di Jawa Timur. Omzet jamu ilegal itu mencapai Rp 1,8 miliar setiap bulan,‘’ tuturnya.

Ia menjelaskan, modus operandinya yaitu pelaku menyewa gudang dan digunakan sebagai tempat produksi jamu ilegal.

“Tempat produksinya sering berpindah – pindah, dengan omset setiap bulannya mencapai Rp.1,8 miliar dengan catatan dalam sehari pabrik mampu mengirim dua truk produk jamu dengan nilai Rp 60 – Rp 80 juta,” jelasnya.

Atas kasus ini, kata dia, petugas berhasil menyita beberapa barang bukti seperti 1.141 kardus berbagai merek, 100 sak botol kosong, 330 ikat kardus kosong, 25 kardus etiket berbagai merek jamu.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jatim, Kombes Pol. F. Barung Mangera, S.I.K melalui WA yang dikirim ke wagataberita.com, Sabtu (11/0/2017), menuliskan pada Selasa (07/02/2017) mulai pukul 07 : 00 – 20 : 30 WIB, pihak kepolisian  melakukan penyelidikan awal dugaan memproduksi, memperdagangkan dan atau mengedarkan barang berupa Jamu bermerk Madu Klanceng milik  R. Ini diduga diproduksi secara palsu dan tidak dilengkapi ijin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Itu ditemukan di Gresik.

Dari informasi masyarakat, polisi melakukan pengembangan dengan melakukan pengecekan di pergudangan Sumput Blok F 16 dan F 17, tapi hasilnya nihil. Informasi yang diperoleh di situ menyebutkan kegiatan pindah di pergudanagan Legundi Park Businis. Petugas lalu bergeser ke tempat itu. Mereka memeriksa gudang F8 dan F9. Hasilnya F8 kosong dan F9 gudang besi. Sehingga hasilnya tetap masih nihil.

Pengecekan di TKP ketiga. Ini berdasarkan informasi dari pengecer jamu milik R. Di tempat itu terdapat tumpukan kardus Jamu Madu Klanceng sebanyak 450 dos, masing – masing dos berisi 50 botol jamu. Dalam kemasan botol tercantum POM TR 063659731 (nomor izin edar), namun setelah dicek di online BPOM, ternyata izin edar itu milik UD Telaga Ayu Mandiri (Banyuwangi) dengan nama produksi terdaftar ALYO JAMUR MAS bukan Madu Klanceng sehingga patut diduga jamu tersebut Ilegal.

Saat petugas kepolisian melakukan pengecekan surat jalan, ternyata juga tidak disertakan alamat pengirim. Hanya terdapat jumlah sebanyak 600 karton dan nomor Handphone (HP) sopir truk yang bernama Alimin, tidak terlacak.

Meski begitu petugas kepolisian terus melakukan pengembangan hingga akhirnya menemukan produksi  jamu yang diduga ilegal itu berada di Komplek Industri & Pergudangan Satria Eco Park Blok D 01 – 02 Jl. Raya Bay Pas Krian.

Jamu Madu Klanceng itu ternyata telah diperdagangkan oleh F diwilayah Surabaya dan Jawa Tengah (Jateng).

Dalam kasus itu disangkakan pasal 197 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar.

Selain itu, juga disangkakan pasal 120 UU RI Nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun penjara dan pidana denda maksimal sebanyak Rp 2 miliar.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir menyatakan pihaknya akan lebih mengintensifkan pemantauan – pemantauan di wilayah pergudangan. (Haludin Ma’waledha/Dir)

Check Also

UK PETRA SERING BERDAYAKAN WARGA UNTUK BERKREASI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kegiatan SuraBali Summer Program yang diadakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *