Senin, 23 Juli 2018, 14:34
Home / NEWS / JELANG HARI SAMPAH NASIONAL, PULUHAN RELAWAN BERSIHKAN PANTAI DUTA

JELANG HARI SAMPAH NASIONAL, PULUHAN RELAWAN BERSIHKAN PANTAI DUTA

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Jelang peringatan hari sampah nasional yang jatuh tiap 21 Februari, puluhan anggota komunitas Bromo Lover bersama satuan Tanggap Siaga Bencana atau Tagana Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, menggelar aksi bersih – bersih sampah, Senin (20/02/2017).

Aksi bersih – bersih, dilakukan di kawasan pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton. Mulai sampah Organik hingga sampah Non Organik, dibersihkan satu – persatu oleh para relawan pecinta lingkungan itu.

Dari informasi yang dihimpun pengelola pantai, banyaknya tumpukan sampah yang bertebaran di kawasan pantai, merupakan sampah kiriman dari kawasan pegunungan Argopuro, yang terbawa arus sungai hingga terdampar di pantai.

Sekitar 5 kali pengangkutan sampah, dilakukan tiap harinya oleh pihak pengelola pantai guna membersihkan tumpukan sampah yang ada.

“Banyaknya kiriman sampah di pantai, terjadi tiap musim penghujan Januari hingga Maret. Sampah yang ada, umumnya ranting pohon, kayu, bambu, plastik dan lainnya,” terang Abdul Aziz, pengelola Pantai Duta.

Ketua aksi, Teguh Wibowo menyampaikan, selain bertujuan untuk melakukan aksi peduli lingkungan terhadap kawasan pantai, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, bisa mengedukasi pada diri sendiri serta masyarakat agar sadar menjaga kelestarian alam.

Sedikitnya sebanyak 70 orang yang terlibat dalam aksi sosial kali ini, 70 orang itu terbagi dalam 30 anggota satuan Tagana, dan 40 relawan dari Komunitas Bromo Lovers. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

RUMAH MEWAH MILIK PENGUSAHA GAHARU KEBAKARAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Rumah mewah pengusaha kayu Gaharu, berlokasi di jalan Layang Seto,