Jumat, 29 Maret 2024, 14:00
Home / HOTNEWS / BURUH KEPUNG KANTOR GUBERNUR JATIM TUNTUT SUBSIDI RUMAH BAGI BURUH
Lima Ratusan Buruh Padati Halaman Depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Kamis (27/04/2017). Sumber Foto : Haludin Ma'waledha

BURUH KEPUNG KANTOR GUBERNUR JATIM TUNTUT SUBSIDI RUMAH BAGI BURUH

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Lima ratusan buruh mengepung Kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim) Kamis (27/04/2017).

Buruh yang terdiri dari berbagai Serikat Pekerja (SP) di sejumlah perusahaan Jawa Timur itu menuntut pemberian subsidi rumah bagi buruh. Sebab sebelumnya, buruh pernah mendapatkan rumah bersubsidi.

Para buruh itu terdiri dari berbagai organisasi buruh seperti Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Timur dan SP di sejumlah industri yang ada di Kawasan Industri Rungkut Surabaya.

Perwakilan buruh diterima Aminkun Imam Rafii, Kabid pegawasan dan Totok Nur H (Kabid) Hubungan Industrial, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jatim.

Namun hasil pertemuan itu mereka pandang tidak memuaskan. “Tidak memuaskan. Semua jawaban klasik, “kata Nanang (Korlap) buruh dari Kawasan Industri Rungkut Surabaya.

Sementara SPN hanya melakukan orasi secara bergantian di depan halaman Kantor Gubernur. Mereka berjanji akan kembali datang melakukan aksi yang sama pada tanggal 1 Mei 2017 yang bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Nasional.

Ratusan buruh itu menuntut sembako murah. Selain itu juga menuntut agar peraturan pemerintah (PP) No 78 tentang pengupahan untuk dicabut karena sangat merugikan pekerja.

Pada PP 78 itu, kata Purwanto pengupahan hanya mengacu pada inflasi nasional. Padahal inflasi itu masing – masing daerah berbeda – beda. “Ini sangat tidak realistis,” kata Purwanto yang tergabung dalam Serikat Pekerja Logam Elektro dan Mesin (LEM) Rungkut, Surabaya kepada wagataberita.com Kamis (27/04/2017).

SP LEM Rungkut Surabaya berkeliling ke sejumlah perusahaan mengimbau para buruh dan serikat perkerja perusahaan yang ada di Kawasan Rungkut Industri untuk bersama – sama menyuarakan masalah tersebut.

Kumpulan para buruh juga terlihat di depan PT Sampoerna. Mereka juga ikut memberikan dukungan solidaritas kepada aksi buruh di Surabaya itu.

Kata Nova, Ketua SP – Sigaret Kretek Tembakau (SKT) Rungkut, tuntutan para buruh ada 8 item namun, dia hanya menyebutkan tiga diantaranya yakni menutut harga sembako murah, transportasi murah bagi buruh dan skala pengupahan yang berpihak pada buruh. Skala pengupahan saat ini sangat merugikan kaum buruh.

Jumlah buruh yang bekerja di perusahaan rokok PT Sampoerna itu mencapai sekira 18 ribu orang dan Surabaya sendiri sekira 8 – 9 ribu orang, kata Nova.

Dia menambahkan pada tanggal 1 Mei 2017, buruh dari seluruh Indonesia akan bergabung dan menggelar apel akbar sebagai puncak peringatan Hari Buruh Nasional di Sidoarjo yang jumlahnya mencapai 10 ribu orang.

Kegiatan itu akan dipusatkan di GOR Sidoarjo sekaligus akan melaksanakan Rakernas Serikat Pekerja Indonesia (SPI) mulai 1 – 3 Mei 2017.

Sementara itu Koordinator Lapangan Nanang mengatakan banyak hal yang diperjuangkan buruh diantaranya skala pengupahan, harga sembako murah, transportasi murah dan subdisi rumah bagi buruh.

Titik kumpul aksi buruh hari ini akan dipusatkan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). )(Haludin Ma’waledha)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan