Sabtu, 26 Mei 2018, 15:19
Home / EDUKASI / SOAL UN LANGSUNG DIDISTRIBUSI KE DIKNAS
Sejumlah Dos UN Yang Dikawal Aparat Kepolisian Tiba Di Raha, Kamis (27/04/2017). Sumber Foto : Zainal A

SOAL UN LANGSUNG DIDISTRIBUSI KE DIKNAS

WAGATABERITA.COM – RAHA. Proses Pendistribusian naskah Ujian Nasional (UN) langsung ke Diknas Kabupaten. Beda dengan tahun – tahun sebelumnya.

Tahun sebelumnya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sul tra) distribusi ke Polres Muna untuk di amankan. Namun untuk tahun ini proses pendistribusian dari Dikbud Provinsi Sultra dilangsung ke Dikbud Kabupaten.

Ini diungkapkan oleh Kepala Dikbud Muna, La Ege SH, yang ditemui wartawan di depan kantornya yang di dampingi tim pendistribusi naskah UN Provinsi,  Andi bersama beberapa anggota kepolisian sarib Polda Sultra dan anggota Polres Muna, kamis (27/04/2017).

Kepala Dikbud Muna, menjelaskan kalau pendistribusiannya masih tetap dalam pengawalan kepolisian, baik dari dikbud provinsi maupun tiba di kabupaten.

“Untuk naskahnya, kebetulan para kepala sekolah sudah menjemput sendiri di dikbud, yah kami serahkan langsung ke mereka. Dan untuk kepala sekolahnya yang belum ada, naskahnya akan kami amankan ditempat yang lebih aman. Nanti mereka ada baru kami serahkan,” tegas La Ege SH.

Sementara itu, Andi tim pengawal naskah UN SMP dari Dikbud Provinsi, membenarkan bahwa prosesnya dikawal oleh kepolisian POLDA SULTRA, dari pendistribusian 92 Dos naskah UN termasuk naskah ujian susulan.

“Dari 92 dos naskah UN SMP yang kami distribusikan, sebanyak 91 dos adalah naskah UN dan 1 dosnya adalah untuk naskah ujian susulan,” terang Andi.

Andi menambahkan bahwa Naskah yang di distribusikan bukan hanya naskah UN SMP untuk wilayah Kabupaten Muna saja, namun ada beberapa daerah lain wilayah kepulauan yang di distribusikan.

“Kita bukan koordinator namun kami  terbentuk dalam satu tim untuk enam daerah dalam pendistribusian Naskah UN SMP ini. Untuk wilayah Kabupaten Muna saya sendiri tim pengawalnya dari provinsi, sementara untuk Muna Barat, Buton Tengah,  Buton Selatan, Kota Baubau, dan Kabupaten Buton, itu masing – masing memiliki tim pengawal naskah sendiri,” jelasnya.

Kasi Kurikulum dan penilaian SMP,  La Ane, S.Pd, M.Pd yang juga adalah seksi penanggung jawab pelaksanaan Ujian SMP,  yang ditemui disela – sela kesibukannya menata proses penyaluran naskah ke sekolah – sekolah mengatakan bahwa naskah tiba sekitar pukul 13 : 38 WITA, langsung diturunkan oleh buruh yang disaksikan oleh Kepala Dikbud, para kepala sekolah SMP dengan pengawalan polisi.

“Jumlah naskah yang di distribusi sebanyak 92 dos dari setiap item kegiatan penyalurannya naskah UN dilampirkan per berita acara. semua dilakukan demi integritas yang baik, yang intinya adalah demi kerahasiaan naskah,” katanya.

Pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) kini langsung ke Diknas Kabupaten, tidak lagi seperti tahun – tahun sebelumnya. Meski begitu, tetap mendapat pengawalan dari Polda Sultra.

La Ane menjelaskan untuk persoalan keamanan diserahkan kepada pihak sekolah masing – masing sekolah dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

“UN-nya akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2017 nanti Untuk persoalan hasil kelulusan nantinya yang menentukan adalah hasil ujian sekolah. Sementara untuk hasil UN adalah sebagai pemetaan. Jika terjadi persoalan pada pelaksanaan UN nantinya, yah kami siap untuk diperiksa. Semuanya ternilai berdasarkan integritas demi kerahasiaan naskah UN,” katanya. (Zainal. A/Halu)

Check Also

VIDEO BNN KENDARI MENGENAI RAMADHAN TAHUN 2018

WAGATABERITA.COM – KENDARI. Dibulan yang Fitri ini Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara (BNN – Sultra) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *