Senin, 23 Juli 2018, 14:22
Home / Uncategorized / TAK LAYAK JALAN SEJUMLAH ARMADA BUS MUDIK DIKANDANGKAN PETUGAS GABUNGAN
Petugas Gabungan Memeriksa Armada Bus. Sumber Foto : Zulkiflie

TAK LAYAK JALAN SEJUMLAH ARMADA BUS MUDIK DIKANDANGKAN PETUGAS GABUNGAN

WAGATABERITA.COM – BONDOWOSO. Lonjakan penumpang bus di terminal bus Kota Bondowoso Jawa Timur, yang terjadi pada H + 3 Lebaran Idul Fitri, Jum’at (30/06/2017), membuat petugas gabungan setempat melakukan sidak kelayakan angkutan umum masal tersebut.

Petugas gabungan, yang terdiri dari Polisi dan Dinas Perhubungan itu, langsung memeriksa satu persatu armada bus setempat, guna memastikan siap tidaknya untuk jalan.

Pemeriksaan sendiri, meliputi pengecekan surat – surat kendaraan, hingga memeriksa kondisi fisik armada. Seperti, seluruh sistem lampu, klakson, sistem pengereman dan kopling, hingga kipas Wiper kaca depan.

Dari sejumlah kendaraan bus antar kota sendiri ditemukan dalam kondisi kurang layak terutama pada ban. Beberapa ban ditemukan terkelupas dan tipis, sehingga sangat membahayakan pemudik dalam perjalanan.

Tak hanya itu dalam inspeksi mendadak tersebut, petugas juga menemukan surat STNK dan pajak bus dalam kondisi mati, serta bus yang dikemudikan Kondektur tanpa sopir asli dengan hanya berbekal SIM A.

Karena fatal dan dianggap sangat membahayakan pemudik, petugas mengambil langkah tegas dengan melarang bus beroprasi dan mengandangkan bus di terminal. Para penumpang bus pun kemudian, dipindahkan pada armada lain yang kondisinya layak untuk jalan.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga H + 7 lebaran, dengan tujuan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas selama arus balik berlangsung.

selain pemeriksaan kendaraan, satu per satu sopir bus antar kota maupun sopir MPU akan jalani tes urine serta diperiksa kesehatannya oleh tim medis dari kepolisian, saat berhenti di terminal Bondowoso,” terang IPTU Sidomukti, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Bondowoso. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

OMBAK BESAR DI DANAU TELAGA SARANGAN

WAGATABERITA.COM – MAGETAN. Telaga Sarangan Magetan yang ramai dikunjungi pada libur Lebaran H+2, Sabtu (16/06/2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *