Minggu, 21 Oktober 2018, 8:28
Home / EKONOMI / EKSPOR – IMPOR JATIM TURUN SELAMA LIBUR LEBARAN
Kepala BPS Jawa Timur Teguh Pramono (Tengah) Saat Merilis Perkembangan Ekspor - Impor Jawa Timur. Sumber Foto : Nur Rizki Utomo Putri

EKSPOR – IMPOR JATIM TURUN SELAMA LIBUR LEBARAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur kembali merilis hasil survei aktivitas ekspor dan impor. Hasilnya angka kegiatan ekspor – impor periode Juni 2017 di Jawa Timur (Jatim) menurun, jika dibanding bulan Mei 2017 lalu.

Penurunan ekspor itu mencapai angka 18,39% dibanding bulan Mei dengan nilai US$ 1,37 Miliar. Sedangkan penurunan impor terjadi sebesar 18, 68% dengan nilai US$ 1,60 Miliar.

Kepala BPS Jawa Timur, Teguh Pramono mengatakan bahwa prosentase ekspor di Jatim periode Juni 2017 tidak jauh berbeda dengan prosentase nasional.

“Ekspor maupun impor pada Juni menurun. Di nasional turun 18,82% ekspornya, di Jatim turun 18,80%. Impor juga turun,” ujarnya Senin (17/07/2017).

Kata dia, penurunan ekspor – impor di Jatim merupakan imbas dari adanya momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. “Libur bagi masyarakat biasa mungkin tidak terlalu berpengaruh terhadap kinerja ekspor – impor. Tetapi ketika lalu lintas angkutan barang dibatasi karena keperluan untuk mudik, maka kinerja pengangkutan barang menjadi menurun,” tambahnya.

Teguh Pramono menilai jika dilihat dari komoditasnya, sebagian besar jenis komoditi ekspor – impor memang turun. Beberapa diantaranya seperti mesin dan peralatan, besi dan baja, industri makanan, hingga barang – barang plastik.

“Memang dari 10 komoditas ekpor kita, yang meningkat hanya ada tiga,” tambahnya. (Nur Rizki Utomo Putri/Halu)

Check Also

JANJI IKUTI KEGIATAN WARGA KRUKAH, CAK YUHAS NAIK SEPEDA MOTOR AGAR TAK TERLAMBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Anggota TNI dikenal tepat waktu dan tepat janji disiplin pada semua kegiatannya dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *