Sabtu, 18 Agustus 2018, 5:30
Home / NEWS / POLRES DAN BNNK MUNA TES URINE PASKIBRAKA
Kapolres Muna Dan Kepala BNNK Saat Berfoto Bersama Para Paskibraka Usai Pemeriksaan Urine Di Dinas Pendidikan Dan Olahraga Kabupaten Muna. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

POLRES DAN BNNK MUNA TES URINE PASKIBRAKA

WAGATABERITA.COM – MUNA. Dalam rangka menghadapi perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 tahun, pada tanggal 17 Agustus 2017 nanti, sebanyak 73 orang siswa – siswi SMA di 12 sekolah di Muna telah terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Sang Saka (Paskibraka) merah putih. Itu sebabnya, Senin (24/07/2017), mereka mengikuti tes urine.

Pemeriksaan urine itu dilakukan oleh Polres dan BNNK Muna mulai pukul 09 : 00 WITA bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna.

Kapolres Muna Bersama Kepala BNNK Muna Diruang Pemeriksaan Urine Siswa – Siswi Paskibraka. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos P Sinaga yang dikonfirmasi wartawan usai pelaksanaan tes urine peserta Paskibraka, mengatakan pemeriksaan urine merupakan salah satu syarat dalam mengikuti Paskibraka yakni tes kesehatan. ‘’Kami bersama BNNK Muna melaksanakan test urine untuk kesehatan peserta Paskibraka,‘’ tandasnya.

Dari 73 yang menjalani tes urine semuanya dinyatakan negatif. Ada peserta dua orang yang satu sakit dan satunya lagi izin karena mengikuti misi pemuda. Dan yang satu lagi ini, belum bisa buang air kecil dan nantinya kita bawa ke BNN untuk diperiksa urinenya oleh BNNK,” katanya.

Tujuan dari tes urine kepada peserta Paskibraka ini, kata Kapolres Muna pengganti AKBP Yudhit S Hananta yang saat ini pindah jadi Kapolres Bangli adalah untuk mengetahui kesehatan para peserta Paskibraka.

“Mereka kan pilihan dari seleksi. Mereka harus sehat, harus kuat dan harus bebas dari narkoba,” tuturnya, lalu menambahkahkan dirinya berharap kepada Paskibraka agar dalam pelaksanaannya nanti, mengerek bendera dapat dilaksanakan dengan baik. Dalam waktu dekat yakni pada tanggal 15 Agustus 2017 akan ada program karantina.

“Kami berharap para Paskibraka dapat mengerek bendera dengan baik. Mereka adalah orang – orang pilihan dari perwakilan sekolah. Mereka harus yang terbaik, sehat dan tidak sakit,” paparnya.

Serupa, juga dikatakan Kepala BNNK Muna, La Hasariy. Dia mengatakan tujuan dilakukan test urine untuk mengetahui apakah mereka ada penyalahgunaan narkoba atau tidak. Akan tetapi setelah diperiksa urine mereka, ternyata hasilnya negatif.

Foto Siswi Paskibraka Saat Medaftarkan Diri Pada Pemeriksaan Urine Di Hadapan Staf BNNK Muna. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

“Seandainya ada yang kami temukan, maka akan kami adakan asesment dan kita lakukan penyelidikan. Tapi pak Kapolres bersama BNN, meminta terimakasih karena ternyata mereka orang – orang pilihan. Karena tidak ada satupun terlibat penyalahgunaan narkoba,‘’ tandasnya.

Pemeriksaan urine itu, tidak ada penyampaian lebih awal, tapi tiba – tiba dilakukan pemeriksaan. ‘’Kami rahasiakan, termasuk kepada wartawan,‘’ kata La Hasariy.

Dia menambahkan, jika dalam tes urine yang dilakukan ditemukan penyalahgunaan narkoba atau positif, maka akan digugurkan. “Kalau seandainya ada yang ditemukan positif, pengguna narkoba, kami akan gugurkan. (Zainal Arifin Suyoto/Halu)

Check Also

GANDENG MARK PLUS, PEMKAB TRENGGALEK DORONG PENGELOLAAN POTENSI DAERAH 

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Gandeng Mark Plus, Pemerintah Kabupaten Trenggalek dorong pengelolaan potensi daerah guna proses …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *