Jumat, 19 Januari 2018, 22:46
Home / SPORT / SPORT LAIN / AKSIOMA KSM DIBUKA MENAG, KONTIGEN SULSEL TURUN FULL POWER
Peserta Lomba Dari Sekolah Dibawa Kementerian Agama. Sumber Foto : Rina Mutiara, Guru Pendamping Dari MIN 2 Makassar Sulawesi Selatan

AKSIOMA KSM DIBUKA MENAG, KONTIGEN SULSEL TURUN FULL POWER

WAGATABERITA.COM – YOGYAKARTA. Dihelat meriah dan kolosal, Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2017 resmi dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Senin (07/08) malam.

Siaran pers yang dikirim Mawardy Siradj, pelaksana Subbah Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulsel Rabu (09/08/2017) menyebutkan, pada acara pembukaan hadir, Wakil Gubernur DI Yogyakarta Paku Alam X, Unsur Muspida Prov. DIY Yogyakarta, pejabat eselon I dan II Kemenag serta Kakanwil Kementerian Agama Provinsi se – Indonesia termasuk Ketua Forum nya yakni Kanwil Kemenag Prov Sulsel H.Abd. Wahid Thahir.

Kali ini Kemenag Sulsel turun dengan kekuatan penuh (Full Power), dimana kontingen yang menghadiri dan mengikuti seremoni pembukaannya berjumlah lebih 500 orang, dan ini merupakan jumlah kontingen terbesar yang pernah ada di luar pulau Jawa.

Pembukaan Aksioma – KSM diawali dengan defile kontingen setiap provinsi yang menggunakan Delman atau Andong hias dengan pakaian adat setiap provinsi, melintas di depan panggung utama dengan melambaikan tangan yang dibalas sukacita oleh Menag, Wakil Gubernur, dan para pejabat serta gemuruh ribuan siswa madrasah yang memenuhi tribun di sayap kiri kanan stadion.

Pembukaan yang ditandai dengan pencabutan Gunungan oleh Menag dan diserahkan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin berlangsung meriah. Tarian kolosal Aku Cinta Madrasah yang dibawakan ribuan madrasah dengan koreografi yang menarik, menjadi salah satu gelaran acara pembukaan yang juga menghadirkan kelompok musik Kyai Kanjeng dengan Cak Nun serta penyanyi Novia Kolopaking serta group Band ternama asal Yogya yaitu Letto.

Peserta kegiatan AKSIOMA – KSM Tahun 2017 adalah siswa – siswi terbaik seluruh Indonesia yang telah melalui seleksi dari tingkat Kabupaten/Kota hingga Provinsi.

Jumlah peserta dan pendamping AKSIOMA – KSM secara keseluruhan berjumlah 2.178 peserta dan 1.038 guru pendamping yang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Sejumlah cabang olahraga, seni dan lomba yang digelar berakhir 12 Agustus 2017.

Untuk kegiatan KSM, bidang yang dilombakan adalah Matematika+PAI, IPA+PAI, Biologi+PAI, Fisika+PAI, Kimia+PAI, Geografi+PAI dan Ekonomi+PAI.

Untuk kegiatan AKSIOMA, bidang lomba terdiri dari Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Tahfidz, Hadroh, Madrasah Singer, Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Futsal. Sedangkan untuk LKTI terdiri dari bidang IPA, IPS dan Keagamaan.

Peserta asal Sulsel yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel Hj. Yuspiani akan mengikuti semua cabang lomba dan pertandingan, dengan satu harapan, bisa masuk dalam jajaran terbaik se – Indonesia, ucap Yuspiani Optimis. (Syamsul Arifin/Halu)

Check Also

H – 1 ARUS MUDIK JALUR YOGYAKARTA – SOLO TETAP SEPI

WAGATABERITA.COM – YOGYAKARTA. Arus mudik hingga H – 1 lebaran jalur Yogyakarta hingga Solo terpantau masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *