Senin, 28 Mei 2018, 12:11
Home / EKONOMI / BISNIS / HARGA SEWA STAND PASAR RAYA CEKIK PEDAGANG KECIL DI TRENGGALEK
Stand Expo Pasar Raya Berjajar Rapi Diseputaran Alun - Alun Trenggalek. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

HARGA SEWA STAND PASAR RAYA CEKIK PEDAGANG KECIL DI TRENGGALEK

WAGATABERITA.COM РTRENGGALEK. Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 72 yang bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Trenggalek ke 823, memang tak terlepas dari terselenggaranya pasar raya yang berlokasi di seputaran Alun Рalun Kabupaten Trenggalek. Setiap tahunnya, pasar rakyat yang menyuguhkan berbagai stand Рstand expo baik produk UMKM asli Trenggalek maupun luar daerah ini rutin digelar.

Namun sayangnya, harga stand yang disediakan tersebut membuat para pedagang kecil lokal enggan untuk menyewa. Lantaran stand – stand tersebut dibandrol dengan harga yang cukup fantastis, sehingga para pedagang kecil banyak yang mengeluhkan tingginya harga sewa stand ini.

Diketahui harga sewa stand expo yang ada di seputaran Alun – Alun Kabupaten Trenggalek dengan ukuran 3 x 3 meter dibandrol seharga Rp 2,5 juta rupiah. Sedangkan area diluar lokasi inti Alun – Alun, tepatnya dijalan Ahmad Yani dibandrol seharga Rp 1,5 juta rupiah.

“Total stand expo yang tersedia untuk gebyar UMKM khusus didalam area Alun – Alun ada sekitar 64 stand. Sedangkan untuk event yang ada di seputaran Alun – Alun ada kurang lebihnya 270 stand diantaranya 170 stand UMKM dan 100 stand untuk acara ngopi bareng dari sponsor,” ungkap Kabid UMKM Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Agus Sriono saat dikonfirmasi, Senin (21/08/2017).

Dikonfirmasi terpisah salah satu pengusaha lokal Trenggalek mengaku dengan adanya stand expo selama perayaan HUT Kemerdekaan RI dan HUT Kabupaten Trenggalek ini banyak yang merasa keberatan dengan harga sewa stand yang ditawarkan.

“Harga sewa stand tersebut dirasa sangat tinggi, bahkan dengan jangka waktu pelaksanaan pasar raya yang kan diselenggarakan selama 10 hari kedepan. Seharusnya pihak Pemerintah Daerah harus menyediakan stand khusus bagi para pengusaha lokal daerah untuk turut mengisi stand – stand yang ada dengan harga sewa yang terjangkau,” tutur Yulis Indah (37).

Dirinya berharap, pasar raya ini memang harus untuk rakyat dan dari rakyat utamanya masyarakat Trenggalek Bahkan seperti yang terlihat dilokasi, penyewa stand tersebut justru didominasi para pedagang luar daerah dan hanya beberapa stand saja yang mampu diisi para pedagang lokal. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

TAK SESUAI AGENDA, DPRD TRENGGALEK TUNDA RAPAT PARIPURNA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Dinilai tidak sesuai agenda yang telah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *