Jumat, 15 Desember 2017, 7:27
Home / NEWS / RIBUAN ANAK PENYU TAMAN KILI – KILI KEMBALI DI LEPAS LIARKAN
Pelepasan Tukik Atau Anak Penyu Ke Alam Bebas Sumber Foto : Ayu Mila Sari

RIBUAN ANAK PENYU TAMAN KILI – KILI KEMBALI DI LEPAS LIARKAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Ratusan wisatawan, pelajar dan penggiat lingkungan hidup tampak memadati kawasan Taman Kili – Kili Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dalam rangka melepaskan ribuan ekor tukik atau anak penyu yang siap untuk dilepaskan ke alam bebas. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian penyu yang keberadaannya semakin berkurang.

Seperti yang diketahui dalam setiap tahun proses pelepasan tukik atau anak penyu ini dilakukan di Taman Kili – Kili oleh para wisatawan, pelajar serta penggiat lingkungan hidup secara serentak. Sebelumnya tukik – tukik tersebut dibawa menuju bibir pantai, dan selanjutnya dilepas liarkan ke laut lepas secara bersamaan.

Salah satu pengunjung yang ikut serta dalam proses pelepasan tukik atau anak penyu ini mengungkapkan bahwa baru kali ini dirinya bisa ikut melepaskan tukik ke alam bebas.

“Ini merupakan pengalaman pertama melepaskan anak penyu ke alam bebas. Dengan begitu tukik atau anak penyu ini bisa dilestarikan keberadaannya dimana saat ini keberlangsungan hidup penyu hampir saja punah,” ucap Vita Eka Lestari saat dikonfirmasi, Rabu (04/10/2017).

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Pokmaswas Konservasi Penyu Taman Kili – Kili Kecamatan Panggul mengatakan proses pelepasan tukik atau anak penyu kali ini sekitar 1000 ekor. “Kali ini ada sekitar 1000 ekor tukik yang dilepas liarkan. Dari untuk seluruh peserta yang ikut dalam pelepasan ini masing – masing diberi kesempatan melepaskan 1 ekor tukik ke laut namun secara bersama – sama,” tuturnya.

Dirinya berharap dengan dilepas liarkan ribuan ekor tukik atau anak penyu ke alam bebas ini bisa turut menjaga kelestarian penyu dari kepunahan.

Pasalnya penyu merupakan salah satu satwa laut langka yang harus dilindungi dan dijaga kelestariannya. Sehingga kelak bisa diwariskan kepada generasi muda selanjutnya. (Ayu Mila Sari)

Check Also

POLRES TRENGGALEK SIDAK KEBUTUHAN POKOK, JELANG NATAL DAN TAHUN BARU

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Jelang perayaan hari raya Natal tahun 2017 dan tahun baru 2018, Polres Trenggalek gelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *