Sabtu, 20 Januari 2018, 8:26
Home / PROBOLINGGO / PUTERI INDONESIA 2016 BELAJAR BUDAYA SUKU TENGGER
Puteri Indonesia 2016 Menari Tari Kipas Bersama lare Tengger, Jum'at (06/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

PUTERI INDONESIA 2016 BELAJAR BUDAYA SUKU TENGGER

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Guna mengenal keanekaragaman adat dan budaya Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur, puteri Indonesia tahun 2016, Kezia Roslin Cikita Warouw mengunjungi kampung suku Tengger yang berlokasi di lereng gunung Bromo, kecamatan Sukapura, kabupaten Probolinggo, Jum’at (06/10/2017).

Diawali dengan mendatangi “Pawon” Tengger (dapur), berlokasi di puncak Seruni Poin. Kezia Warouw lantas belajar mengenal aneka kuliner warga suku Tengger. Puteri Indonesia tahun 2016 itu, bahkan tak segan untuk mencicipi beragam masakan, masyarakat lereng Bromo. Seperti, nasi Aron, Kocor, Kentang rebus dan lainnya.

Tak hanya kuliner, Kezia Warouw juga belajar tentang beberapa kesenian warga suku Tengger. Diantaranya, seni tari Ojung, Tari Kipas, dan membatik. Didampingi lare Tengger atau anak – anak suku Tengger, Kezia Warouw tak segan mengeluarkan kemampuannya dalam menari.

“Tentunya adat budaya suku Tengger, harus tetap dilestarikan karena ini warisan bangsa. Agak susah sih saat menari kipas bersama – sama anak – anak, tapi saya bangga karena bisa belajar budaya indonesia,” ungkap Kezia.

Camat Sukapura Bersama Puteri Indonesia Tahun 2016, Jum,at (06/10/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

Camat Sukapura, Yulius Christian mengatakan, kedatangan puteri Indonesia tahun 2016 ke Bromo, merupakan cara untuk mengenalkan kepada masyarakat, akan sejumlah potensi yang ada di daerah setempat.

“Jadi kita ingin bromo tidak hanya dikenal dengan wisatanya. namun diharapkan juga, masyarakat tertarik akan budayanya dan tradisi sosial masyarakat tengger yang tinggal di lereng bromo” terang Yulius.

Sementara, usai belajar adat dan budaya suku Tengger, Kezia Warouw kemudian berwisata ke areal kebun Strawberry, dan taman teletubbies (padang savana) Bromo, Tengger. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

TIGA DUSUN DI PROBOLINGGO DITERJANG ANGIN PUTING BELIUNG

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Tiga dusun di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *