Selasa, 12 Desember 2017, 23:13
Home / HOTNEWS / JOKOWI APRESIASI PIPANISASI DAN TANDON AIR WARGA SUKU TENGGER
Akun Facebook Presiden Joko Widodo, Rabu (29/11/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

JOKOWI APRESIASI PIPANISASI DAN TANDON AIR WARGA SUKU TENGGER

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Proyek Pipanisasi dan Tandon air yang dibangun secara gotong royong, oleh masyarakat suku Tengger bersama pihak TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) dan pemerintah kecamatan Sukapura, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menjadi sorotan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam akun facebooknya, Presiden Joko Widodo membagikan video, yang berisikan cerita singkat perjuangan masyarakat suku Tengger, saat masih kesulitan mendapatkan air bersih bila kemarau tiba, hingga akhirnya secara mudah mendapatkan air bersih.

Jokowi bahkan menuliskan cerita singkat melalui akun facebooknya, tentang perjuangan masyarakat suku Tengger dalam mendapatkan air bersih. Tulisan tersebut diantaranya sebagai berikut :

“Dulu, warga Desa Ngadas dan Desa Jetak di kaki Gunung Bromo di Probolinggo, perlu berjalan dua hingga tiga kilometer untuk bisa mendapatkan air bersih. Bila kemarau tiba, air makin jauh di dasar jurang.

Dana desa datang dengan solusi dan harapan. Musyawarah desa menyepakati digelarnya proyek pipanisasi dan tandon air untuk dua desa itu.

Warga pun bergotong royong menyambungkan pipa sepanjang 15 kilometer dari puncak gunung, melintasi hamparan pasir sampai ke rumah warga di kaki Bromo.

Tulisan Joko Widodo, Di Facebook, Rabu (29/11/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

Pengucuran Dana Desa memang belum sempurna benar, tetapi sembari melakukan perbaikan, pemerintah tetap menjalankan program ini untuk mengentaskan desa – desa dari keterbatasan. Seperti 500 keluarga di dua desa di kaki Gunung Bromo ini”

Video yang diunggah presiden Jokowi itu pun, sontak ditanggapi secara cepat oleh ratusan netizen. Sebanyak 614 komentar, telah menanggapi unggahan video berdurasi sekitar 2 : 52 menit itu. Bahkan, sudah dibagikan sebanyak 526 kali, dan 34 ribu tayangan.

Menanggapi unggahan Presiden Republik Indonesia ke 7 itu, Camat Sukapura, Yulius Christian menyampaikan, bahwa dirinya cukup bangga dengan respon yang diberikan oleh Joko Widodo. Bentuk apresiasi tersebut, cukup mendorongnya untuk terus berinovasi bersama warga suku Tengger, guna pembangunan dan peningkatan kwalitas hidup masyarakat.

“Saya sangat bangga sekali dengan apresiasi yang diberikan pak Presiden, saya harap hal itu bisa menginspirasi daerah – daerah lainnya, agar terus berkarya,” jelas Yulius Christian, saat dihubungi melalui sambungan telephon seluler, Rabu (29/11/2017). (Zulkiflie/Halu)

Check Also

800 BECAK DI KOTA PROBOLINGGO DIBERI PLAT NOMOR DAN STNB

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO. Sekitar 800 angkutan becak yang beroperasi di wilayah kota Probolinggo, J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *