Sabtu, 22 September 2018, 6:24
Home / EKONOMI / RENCANA PENCABUTAN SUBSIDI ELPIJI 3 KILOGRAM TUAI PRO – KONTRA
Gas Elpiji 3 Kilogram, Selasa (02/01/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

RENCANA PENCABUTAN SUBSIDI ELPIJI 3 KILOGRAM TUAI PRO – KONTRA

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Rencana pemerintah mencabut subsidi terhadap gas elpiji berukuran 3 kilogram, menuai pro dan kontra di sejumlah daerah, Tak terkecuali di kota Probolinggo, Jawa Timur.

Pencabutan subsidi gas elpiji, dianggap akan berdampak pada menurunnya penjualan gas elpiji 3, sehingga membuat berkurangnya pendapatan. Hal itu seperti yang disampaikan, Dedi Hariadi, salah seorang pengelola agen pemasaran gas elpiji di kota Probolinggo.

“Jika pencabutan subsidi gas elpiji 3 kilogram benar terjadi, bukan tak mungkin para agen Elpiji akan terkena dampaknya, yakni merugi,” terang Dedi, Selasa (02/01/2018).

Lebih lanjut Dedi menyampaikan, jika keputusan mencabut subsidi tetap dilanjutkan, ia berharap adanya pengawasan yang lebih ketat dari pemerintah. Tujuannya, agar penyaluran elpiji bersubsidi tepat sasaran, dan tidak disalahgunakan oleh oknum – oknum pengusaha nakal.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Probolinggo, Gatot Wahyudi menjelaskan, jika kota Probolinggo akan mendapatkan kuota 5 ribu gas bumi, yang akan disalurkan kepada masyarakat, atas rencana pencabutan subsidi gas elpiji 3 kilogram.

Dan dari Sidak pasar yang telah dilakukan oleh pihaknya, sampai saat ini belum diketemukan tanda-tanda kelangkaan gas elpiji 3 kilogram.

“Sejauh ini belum ada tanda – tanda kelangkaan. Namun untuk mengantisipasi gejolak, kita telah menyiapkan rencana sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat,” jelas Gatot.

Seperti diketahui, sekitar bulan Maret tahun 2018 ini, pemerintah pusat melalui kementerian ESDM berencana mencabut subsidi untuk gas elpiji 3 kilogram. Sebagai gantinya, agar masyarakat miskin tetap mendapatkan keringanan saat membeli gas elpiji ukuran 3 kilogram, pemerintah akan menyiasatinya dengan memberikan kartu subsidi. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

KASUS CURAT TERTINGGI OPS SEMERU POLRES PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Kepolisian Resort Probolinggo, berhasil mengungkap 45 kasus tindak kriminal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *