Sabtu, 22 September 2018, 6:24
Home / TRAVEL / FOOD STORY / INI SENSASI FESTIVAL SOTO KRAKSAAN DI PROBOLINGGO
Bupati Probolinggo Saat Makan Soto Kraksaan, Jum'at (26/01/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

INI SENSASI FESTIVAL SOTO KRAKSAAN DI PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Cara berbeda dilakukan masyarakat kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, guna menjaga dan melestarikan kuliner tradisional daerahnya. Mereka menggelar, festival Soto Kraksaan.

Soto yang dikenal identik dengan bumbu Koya, dan penggunaan ayam kampung dalam setiap penyajiannya itu. Merupakan salah satu makanan khas, masyarakat Pendalungan daerah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Adanya kuliner Soto Kraksaan sendiri, konon ceritanya sudah ada semenjak jaman penjajahan Belanda ke 2, dan terus bertahan hingga saat ini. Salah satunya, kedai soto yang berlokasi di kawasan kampung Melayu, kelurahan Kraksaan Wetan, kecamatan Kraksaan.

Dilokasi tersebut, Anda bisa mendapatkan seporsi kuliner Soto Kraksaan, dengan merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu. Penjual Soto Kraksaan, Sudali mengatakan, jika ia telah berjualan soto Kraksaan selama kurang lebih 15 tahun terakhir.

Ia mengaku merupakan generasi ketiga, dalam berjualan soto Kraksaan, dan telah berlangsung secara turun – temurun. “jualan soto ya sejak masih muda, kalo awalnya ya belajar ke ayah saya,” ungkap Sudali, Jum’at (26/01/2018).

Sementara itu, ada sekitar 7 kedai soto yang ikut meramaikan, pada festival Soto Kraksaan kali ini. 7 kedai soto tersebut, tersebar di beberapa titik lokasi berbeda yang ada di wilayah Kraksaan Probolinggo.

Sudali Penjual Soto Kraksaan, Jum’at (26/01/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

Adanya festival Soto Kraksaan pun, sangat direspon positif oleh masyarakat. Salah satunya, seperti yang diungkapkan Febriana. Menurutnya, soto Kraksaan merupakan makanan tradisional, yang perlu dijaga kelestariannya, lantaran memiliki cita rasa tersendiri, dibandingkan soto pada umumnya.

“yang pasti soto Kraksaan itu enak rasanya, ada rasa gurihnya, dan lemak kuahnya cukup terasa,” terang Febri.

Sementara itu, secara terpisah Bupati Probolinggo, hj Puput Tantriana Sari menyampaikan, jika kedepan pemerintah kabupaten Probolinggo, berencana menjadikan soto Kraksaan, sebagai salah satu ikon destinasi wisata kuliner Probolinggo.

Selain untuk pelestarian kuliner tradisional, diharapkan juga keberadaan soto Kraksaan, menjadi pilih makanan favorit oleh masyarakat.

“kedepan kita coba lakukan inovasi – inovasi lainnya, agar soto Kraksaan semakin populer di masyarakat luas. mungkin untuk langkah cepatnya, kita akan awali dengan pembenahan kedai ataupun fasilitasnya, agar pengunjung atau pembeli bisa lebih nyaman,” jelasnya. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

KERA LIAR LEDAKKAN TRAFO LISTRIK DI PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Akibat diserang seekor kera liar, sebuah Trafo listrik yang berada di area

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *