Senin, 16 Juli 2018, 6:02
Home / PROBOLINGGO / ANDA HOBBY TRAVELING, YUK BERWISATA KE KEBUN TEH ANDUNG BIRU
Kebun Teh Andung Biru Kabupaten Probolinggo, Selasa (17/04/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

ANDA HOBBY TRAVELING, YUK BERWISATA KE KEBUN TEH ANDUNG BIRU

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Anda yang memiliki hoby ‘Traveling’ atau jalan-jalan, tidak ada salah berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang ada di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini. Selain menyuguhkan keindahan panorama alam yang mengesankan, anda juga bisa melihat secara langsung proses pemetikan daun – daun teh.

Ya’ berada di ketinggian sekitar 900 – 1300 Mdpl, kebun teh yang berada di desa Andung Biru, kecamatan Tiris, dan dikelola oleh perusahaan terbatas perkebunan nasional (PTPN) XII. Kebun teh Andung Biru, telah ada semenjak tahun 1918 lalu.

Di perkebunan teh ini, pengunjung dapat menemukan berbagai macam jenis teh, diantaranya teh Rengganis, teh Hijau, dan teh Kolas. Luas lahan tanaman teh sendiri sekitar 300 hektar, termasuk teh hijau yang dibudidayakan sebesar 10 hektar. Tak kurang dari 245 ton per tahun, untuk daun teh yang sudah siap untuk diproses.

Sementara itu, dilokasi kebun teh Andung Biru ini sangat cocok bagi anda yang gemar melakukan foto selfie, ataupun dunia fotografi. Hamparan hijaunya lahan kebun teh, membuat panorama alam yang dihasilkan lewat mata lensa kamera cukup menawan.

Seperti yang disampaikan Andjar Noermala, salah seorang pengunjung kebun teh Andung Biru. Ia sengaja berkunjung ke kebun teh setempat, lantaran ingin tahu secara langsung proses pemetikan daun teh. Selain itu, aksi berfoto-foto selfie pun tak lupa ia lakukan, guna mengabadikan momen liburannya di kebun teh Andung Biru.

“Bagus lah jalan-jalan kesini, bisa nyoba cara metik teh, juga bisa selfie-selfie juga. Pokoknya kebun teh ini keren dah lokasinya,” ungkapnya, Selasa (17/04/2018).

Lokasi Pengumpulan Hasil Panen Teh, Selasa (17/04/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

Sementara itu, Hasanudin selaku mandor kebun teh setempat menjelaskan, jika kebun teh Andung Biru tak hanya merupakan lokasi destinasi wisata, namun juga menjadi lokasi pemberdayaan masyarakat setempat.

“Jadi kami punya 183,49 hektar kebun produktif, dan dalam sehari bisa menghasilkan 4,5 ton teh basah. Ini adalah salah satu dari empat kebun teh terbesar di Jawa Timur, selain sebagai lokasi wisata juga roda ekonomi masyarakat,” jelas Hasanuddin. (Zulkiflie)

Check Also

TAK LAZIM, BUAH PISANG INI TUMBUH DI BATANG

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Lazimnya sebuah pohon pisang akan menghasilkan buah diluar batangnya. Namun berbeda dengan pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *