Sabtu, 22 September 2018, 6:35
Home / NEWS / 5 PERIORITAS KERJA RKPD JATIM SINERGI DENGAN RKP NASIONAL

5 PERIORITAS KERJA RKPD JATIM SINERGI DENGAN RKP NASIONAL

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah/RKPD Provinsi Jatim tahun 2019, di Grand City Convex, Surabaya, Rabu (18/04/2018), Pakde Karwo menyampaikan bahwa prioritas Rencana Kerja RKPD tahun 2019 yang direncanakan oleh Pemprov Jatim merupakan sinergi dari program atau Rencana Kerja Pemerintah/RKP nasional.

Tema yang dibuat yaitu “Pembangunan Sumber Daya Manusia Sebagai Pengungkit Pertumbuhan Inklusi.” Sedangkan prioritas ada lima, pertama yakni peningkatan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan penanggulangan kemiskinan. Kedua yaitu prorgam pemerataan pembangunan antar wilayah melalui pengembangan infrastruktur ekonomi dan TI untuk menumbuhkan pusat pertumbuhan.

Prioritas RKPD Provinsi Jatim Tahun 2019 yang ketiga yakni peningkatan nilai tambah agro dan maritim melalui industri serta pemanfaatan akselerasi pariwisata. Yang keempat, peningkatan ketahanan pangan dan energi serta tata kelola sumber daya air, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Kelima yaitu penigkatan ketentraman dan ketertiban serta kesuksesan Pemilukada. “Program prioritas ini merupakan penajaman dari program yang telah ditentukan di skala nasional,” imbuhnya.

Pakde Karwo berharap, usai kegiatan Musrenbang para Bupati/Walikota serta Bappeda melakukan pertemuan lebih lanjut. Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan sinkronisasi program yang dibuat. “Saya minta para Bupati dan Walikota yang hadir untuk menjadikan masyarakat miskin dan kurang akses dimasukkan dalam program prioritas, sehingga kesejahteraan bisa menigkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri PPN/ Kepala Badan Perencanaan Nasional, Prof. Dr. Bambang Brodjonegoro mengatakan, 2019 adalah tahun terakhir pelaksanaan RPJMN 2015 – 2019. Karenanya Rencana Kerja Program/RKP 2019 fokus pada pemanfaatan seluruh sumber daya (pemerintah, swasta, dan perbankan) untuk mengejar pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional. “Pokok – pokok RKP 2019 yaitu menajamkan prioritas nasional, memastikan pelaksanaan program, dan menajamkan integrasi sumber pendanaan,” ungkapnya.

Dijelaskan, prioritas program nasional tahun 2019 terbagi dalam lima hal diantaranya pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan layanan dasar, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman, pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air, dan stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

Di akhir, Bambang Brodjonegoro berpesan bahwa, pelaksanaan rangkaian Musrenbang di Provinsi Jawa Timur perlu difokuskan pada pelaksanaan pertemuan multi sektor dan kewilayahan untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pusat dan daerah. Dan dalam pembahasannya pembahasan dengan masing – masing Kabupaten/Kota perlu memperhatikan dua hal. Pertama yakni pendetailan perencanaan yang lebih fokus dan terintegrasi dengan program/kegiatan prioritas nasional (lokus kegiatan/proyek berikut kesiapan yang diperlukan). Kedua perkuatan integrasi pendanaan, baik antara Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Daerah (APBN) dengan APBD.

Turut hadir Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI Boediarso Teguh Widodo, Sekjen Kemendagri RI, Wakil Ketua DPRD Prov. Jatim Tjujuk Sunario, perwakilan anggota Komisi XI DPR RI, Bupati/Walikota se Jatim, dan Forkopimda Plus Provinsi Jatim. (Red)

Check Also

ARUMI PIMPIN PERWOSI JATIM AKAN BUDAYAKAN OLAHRAGA PADA PEREMPUAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Musyawarah Provinsi (Musprov) Perwosi X dilaksanakan di Hotel Santika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *