Rabu, 17 April 2024, 4:27
Home / NEWS / CUACA MEMBAIK NELAYAN PULAU BATU ATAS MULAI MELAUT

CUACA MEMBAIK NELAYAN PULAU BATU ATAS MULAI MELAUT

WAGATABERITA.COM – BUTON. Warga Pulau Batuatas, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, mulai melaut menyusul cuaca di wilayah perairan laut pulau tersebut yang mulai membaik dalam beberapa hari terakhir.

“Para nelayan kami di Pulau Batuatas sudah mulai melaut kembali karena cuaca di wilayah Batuatas sudah membaik dalam beberapa hari terakhir ini,” kata salah seorang tokoh masyarakat Batuatas, Adimi di Batauga, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, masyarakat Pulau Batuatas saat ini sudah bisa berakses kembali dengan masyarakat di luar Pulau Batuatas terutama dengan masyarakat di Batauga dan Kota Baubau karena kapal – kapal pelayaran rakyat yang mengangkut barang dan jasa sudah mulai beroperasi.

Warga Pulau Batatutas yang saat cuaca buruk menginap di rumah – rumah keluarga yang ada di Batauga atau Kota Baubau kata dia, saat ini sudah kembali ke Pulau Batuatas.

“Kami berharap cuaca ini terus membaik sehingga kami warga Batuatas yang sebagian besar menggantungkan hidup dari hasil melaut dapat beraktivitas di laut menangkap ikan dengan aman,” katanya.

Menurut dia, pada setiap musim angin barat, warga Pulau Batuatas tidak dapat beraktivitas melaut secara normal karena setiap saat cuaca berubah memburuk.

Pada setiap musim angin barat kata dia gelombang laut disertai tiupan angin kencang di sekitar Pulau Batuatas cukup keras sehingga pada setiap musim tersebut masyarakat Batuatas terisolasi dari dunia luar.

“Saat cuaca buruk yang melanda wilayah perairan laut Batuatas, para nelayan hanya bisa memperbaiki kerusakan perahu atau kapal penangkap ikan. Selain itu, juga membenahi kerusakan alat tangkap ikan seperti jaring atau pukat yang mengalami robek,” katanya. (*/Dir)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan