Jumat, 29 Maret 2024, 12:58
Home / NEWS / PERSONEL BKO DARI POLDA JATIM DI PILKADA DKI KEWENANGAN MABES POLRI

PERSONEL BKO DARI POLDA JATIM DI PILKADA DKI KEWENANGAN MABES POLRI

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kombes Pol. Frans Barung Mangera, S.I.K Kabid Humas Polda Jatim Pol. Frans Barung Mangera, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) mengirimkan batuan personel untuk membantu pengamanan Pilkada di DKI Jakarta, Aceh dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Namun terkait penarikkan personel yang di BKO – kan Polda Jatim itu bukan kewenangan Polda Jatim, melainkan kewenangan Mabes Polri. ‘’Itu kewenangan Mabes Polri, ‘’tulis  Kombes Pol. Frans Barung Mangera, S.I.K, Kepala Bidang Humas Polda Jatim melalui WA – nya yang dikirimkan ke wartawan wagataberita.com, Senin (20/02/2017) sore.

WA yang tulis cukup singkat itu, merupakan jawaban dari pertanyaan wagataberita.com, terkait penarikkan personel dari Polda Jatim yang di BKO – kan ke tiga provinsi tersebut, dimana sebelumnya, diberangkatkan untuk melakukan pengamanan Pilkada serentak 2017 di daerah tersebut.

Di Aceh Polda Jatim menurunkan 300 personel Brigade Mobil (Brimob) untuk diperbantukan pada pengamanan Pilkada di Provinsi Aceh. Sedangkan di DKI Jakarta dan Sulawesi Tenggara (Sultra) diberangkatkan sebanyak 400 SSK (Satuan Setingkat Kompi) atau 400 personel Brimob.

Di Jawa Timur sendiri, Pilkada serentak 2017, hanya diikuti satu kota, yakni Kota Batu. Pada pelaksanaan Pilkada Kota Batu, Polda Jatim menurunkan 2.000 personel, namun semua sudah ditarik dan pelaksanaan Pilkada Kota Batu hingga pasca pencoblosan berlangsung aman dan kondusif.

Pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018 mendatang, di Jawa Timur (Jatim) akan diikuti 18 kabupaten/kota ditambah satu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. (Haludin Ma’waledha/Dir)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …