Kamis, 2 Desember 2021, 23:30
Home / MAKASSAR / KUSTA PENYEBABNYA BAKTERI, BUKAN PENYAKIT KUTUKAN
dr. Indoupe Dhyan Makhmud (Baju Putih) Saat Memberikan Penyuluhan Tentang Penyakit Kusta Di RS Tadjuddin Chalid Makassar. Sumber Foto : Humas RS Tadjuddin Chalid Makassar

KUSTA PENYEBABNYA BAKTERI, BUKAN PENYAKIT KUTUKAN

WAGATABERITA.COM – MAKASSAR. Sebagai rumah sakit rujukan regional timur untuk penyakit kusta, RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar memegang peranan penting dalam mewujudkan eliminasi kusta di wilayah binaannya.

Tidak dapat di pungkiri, masih banyak stigma yang salah berkembang di masyarakat awam mengenai penyakit kusta. Ada pendapat yang menganggap bahwa penyakit ini adalah penyakit keturunan, ada juga yang menganggap penyakit ini adalah kutukan. Semua anggapan itu salah. Penyakit kusta disebabkan oleh bakteri yang disebut microbacterium leprae.

Itu diungkapkan dr. Indoupe Dhyan Makhmud pada acara penyuluhan tentang kusta di Poliklinik Spesialis RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar baru – baru ini.

Siaran pers yang dikirim Pasca Sajono (Humas) RS. Dr. Tadjuddin Chalid Makassar, ke redaksi wagataberita.com Rabu (05/04/2017), menyebutkan penyuluhan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat mengenai penyakit kusta. Mulai dari penyebabnya, bagaimana cara penularannya, pencegahan dan gejala – gejalanya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Instalasi Promosi Kesehatan.

Gejala awal penyakit kusta adalah munculnya bercak – bercak putih atau merah yang mati rasa pada kulit.

Apabila ditemukan gejala tersebut diharapkan agar masyarakat segera memeriksakannya ke dokter agar dapat dideteksi dini dan mencegah terjadinya kecacatan akibat kusta. Penyakit kusta adalah penyakit yang dapat disembuhkan.

Hasil penelitian menunjukan, dari 100 orang yang terpapar, 95 orang yang tidak menjadi sakit, 3 orang sembuh sendiri tanpa obat dan 2 orang sembuh dengan meminum obat.

Untuk pencegahan penyakit kusta sebaiknya dengan menjaga kebersihan diri dengan membiasakan cuci tangan yang baik dan benar, menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang.
Masyarakat tidak perlu khawatir berdekatan dengan mantan penderita kusta yang ada di rumah sakit Tadjuddin Chalid karena para penderita tersebut sudah minum obat dan tidak menularkan bakteri lagi. (Haludin Ma’waledha/Dir)

Check Also

DUKUNG UKW IWO SULSEL PJ WALIKOTA PESAN SAJIKAN PEMBERITAAN DUKUNG KINERJA PEMERINTAH

WAGATABERITA.COM – MAKASSAR. Rencana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang telah