Selasa, 23 Oktober 2018, 4:40
Home / NEWS / RATUSAN KOPERASI PROBOLINGGO BELUM LAKSANAKAN RAT
Suasana Cangkrukan Dinas Koperasi Kabupaten Probolinggo. Sumber Foto : Zulkiflie

RATUSAN KOPERASI PROBOLINGGO BELUM LAKSANAKAN RAT

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Ratusan Koperasi di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, belum melaksanakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT. Hal itu disampaikan Kadiskop dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Santiyono pada acara Cangkrukan Gerakan Koperasi di Pendopo Kecamatan Tongas, Jum’at (28/04/2017).

Dari data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, tercatat ada 783 unit Koperasi. 300 unit diantaranya, telah melaksanakan RAT. Sementara 93 unit dibubarkan, lantaran tidak aktif dan tidak melaksanakan RAT, selama 3 tahun berturut – turut.

Santiyono berharap, koperasi yang belum melaksanakan RAT, segera menyelesaikan tugasnya itu. Tujuannya, yakni mempertanggung – jawabkan aktifitas usaha selama setahun terakhir.

“Kami sudah berkirim surat peringatan bagi sejumlah koperasi yang belum melakukan RAT. Bahkan, Diskop juga melakukan pendampingan atau asistensi,” kata Santiyono.

Masih menurut Santiyono, Tidak mudah membubarkan koperasi. Apalagi jika koperasi itu ada fasilitas dana pemerintah dalam aset yang dimiliki. Jika koperasi itu tidak aktif, opsi agar tidak dibubarkan yakni dengan mengganti pengurus yang baru sesuai regulasi.

Sementara, Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo, Joko Rohani menyampaikan, minimnya kualitas SDM pengurus koperasi menjadi salah satu kendala dalam menyusun laporan keuangan. Atas kendala laporan keuangan itu, akhirnya berimbas pada keterlambatan RAT. Karenanya koperasi yang ada, diharapakan bisa memanfaatkan aplikasi komputerisasi guna menghitung neraca usaha.

“Sekitar 50% koperasi disini belum menggunakan komputerisasi dalam mencatat usahanya. kami mendorong agar koperasi berbasis Informasi Teknologi (IT), sehingga pencacatan usaha semakin mudah, cepat, efisien dan lebih berinovasi dalam mengembangkan koperasinya,” jelas Joko. (Zulkiflie/Dir)

Check Also

KUNJUNGI LOMBOK PRESIDEN PANGKAS 17 PROSEDUR PENCAIRAN DANA BANTUAN JADI 1 PROSESUR

WAGATABERITA.COM – LOMBOK. Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *