Kamis, 2 Desember 2021, 22:40
Home / KESEHATAN / JUMLAH PENYANDANG DIABETES MENCAPAI 9, 1 JUTA ORANG
Dari Kiri Ke Kanan dr Sri Murtiwi, dr Soebagijo Adi Dan Emmy Harefa (Prodia) Saat Memeberikan Keterangan Pers Kepada Wartawan, Minggu (07/05/2017). Sumber Foto : Haludin Ma'waledha

JUMLAH PENYANDANG DIABETES MENCAPAI 9, 1 JUTA ORANG

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Jumlah penyandang diabetes di Indonesia mencapai 9,1 juta orang. Jumlah tersebut menggeser Indonesia menjadi peringkat ke 5 dunia penderita diabetes. Padahal sebelumnya masuk peringkat ke 7 dunia penderita diabetes.

Data ini sangat memprihatinkan itu sebabnya Laboratorium Prodia berupaya mengkampanyekan Wellness testing untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes mellitus (DM) di Indonesia. Caranya menggelar seminar dokter di 16 kota besar di Indonesia, salah satunya Surabaya.

Di Surabaya, seminar dokter dilaksanakan di Auditorium lantai 9 Graha Prodia, Surabaya.
Tema yang diangkat adalah “Good Doctor For the Geat Familly – Seminar on DM Wellness Testing,” Minggu (07/05/2017).

Tampil sebagai pembicara Prof Dr dr. Agung Pranoto, M. Kes, SpPD – KEMD, FINASIM. Dia membahas mengenai manajemen penatalaksanaan diabetes melitus. Sementara Dr Soebagijo Adi S, SpPD – KEMD, FINASIM membicarakan mengenai faktor risiko, penyakit diabetes melitus dan Emmy Harefa, S. Farm, Apt, M. Kes memaparkan mengenai peran biomarker dalam program wellness diabetes. Tak hanya itu Dr Sri Murtiwi, SpPD, KEMD, FINASIM sebagai moderator.

Dalam seminar itu terungkap pada tahun 2010, Indonesia masih berada di urutan ke 10 penderita diabetes melitus.

Organisasi Keshatan dunia WHO memperkirakan jumlah penderita DM di Indonesia terus melonjak dari 8,4 juta penderita, di tahun 2000 menjadi sekira 21, 3 juta pada tahun 2030. (Haludin Ma’waledha)

Check Also

KATA NETIZEN TENTANG KECELAKAAN VANESA ANGLE

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Kabar duka dialami Artis cantik Vanesa Angel dan