Selasa, 23 Oktober 2018, 4:33
Home / NEWS / POLITIK / GUS IPUL TERUS MENCARI DUKUNGAN PARPOL, DI PDIP TIPIS HARAPAN
Gus Ipul Saat Bersilaturahmi Dan Melakukan Komunikasi Politik Dengan PPP, Terkait Pilgub Jatim 2018 Mendatang. Sumber Foto : Syamsul Arifin

GUS IPUL TERUS MENCARI DUKUNGAN PARPOL, DI PDIP TIPIS HARAPAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf terus bergerak mencari dukungan partai politik. Pada bulan Ramadhan, ia kemas dengan pendekatan silaturahmi dan buka puasa bersama.

Calon Gubernur Jatim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, Jumat (16/06/2017), malam mendatangi Sekretariat Partai Hanura Jawa Timur. Di sana ia buka puasa bersama pengurus partai Hanura Jatim. Setelah itu bergeser ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Beberapa hari lalu, juga mendatangi PAN, untuk bersilaturahmi.

Pergerakan politik berbungkus silaturahmi itu, lebih tepat dilakukan pada bulan Ramadhan ini. Namun, apapun bentuk dan caranya, publik sudah bisa menebak, silaturahmi itu dalam rangka “sowan” ke partai politik guna mencari dukungan atas pecalonan dirinya sebagai calon Gubernur Jatim periode 2018 – 2023 mendatang.

Wacana calon tunggal terus diupayakan Gus Ipul, sapaan akrab wakil Gubernur Jatim ini bersama partai pengusung, yakni PKB.

Paling tidak, kedatangan di Hanura, PPP, PAN, Golkar PDI P dan Partai Demokrat, hampir bisa dipastikan dalam upaya mewujudkan koalisi Jawa Timur. Sebab hampir semua kesempatan Gus Ipul maupun Ketua PKB Halim Iskandar, selama ini, selalu menyuarakan koalisi Jawa Timur.

Kedatangan Gus Ipul di Hanura Jatim, malam tadi, mendapat apresiasi positif dari partai Hanura.

Meski begitu, diprediksi tak bakal terjadi calon Gubernur tunggal di Jawa Timur, sebab sejumlah tokoh Jawa Timur sudah mendaftarkan diri sebagai cagub dan cawagub di PDIP yang nota bene, mereka adalah kader PDIP. Ini memberi sinyal kepada rakyat, Gus Ipul akan terdepak di partai pimpinan Megawati Soekarno Putri itu. Sehingga cagub Jatim tunggal sulit terealisasi.

Selain Gus Ipul kandidat cagub dan cawagub yang juga telah mendaftarkan diri ke PDIP adalah Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) Kusnadi (Ketua DPD – PDIP Jatim), Said Abdullah (Anggota DPR RI), Budi Sulistiyo (Bupati Ngawi) dan Suhandoyo (anggota DPRD Jatim). Kelima tokoh ini adalah kader PDIP.

Bagi Gus Ipul tak masalah, meski partai lain tak mencalonkan dirinya, kesempatan untuk bertarung pada pilgub Jatim 2018, terbuka lebar karena partai pengusung PKB yang memiliki 20 kursi di DPRD Jatim, memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur, tanpa harus berkoalisi dengan partai lain, tetapi harapan koalisi Jawa Timur yang diartikan oleh publik calon Gubernur tunggal tak akan terwujud. (Syamsul Arifin/Halu)

Check Also

JANJI IKUTI KEGIATAN WARGA KRUKAH, CAK YUHAS NAIK SEPEDA MOTOR AGAR TAK TERLAMBAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Anggota TNI dikenal tepat waktu dan tepat janji disiplin pada semua kegiatannya dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *