Selasa, 23 Oktober 2018, 9:18
Home / NEWS / FEBRRY RIFAI : BANJIR DI MUNA PENYEBABNYA HUTAN GUNDUL
Febrry Rifai, Anggota DPRD Kabupaten Muna Dari Fraksi PDI Perjuangan. Sumber Foto : Zainal Arifin Suyoto

FEBRRY RIFAI : BANJIR DI MUNA PENYEBABNYA HUTAN GUNDUL

WAGATABERITA.COM – MUNA. Banjir yang melanda Kota Raha, ibu kota Kabupaten lebih disebabkan oleh hutan sekitarnya sudah gundul.

Itu dikemukakan Febrry Rifai, anggota DPRD Muna, dari Fraksi PDI Perjuangan, saat dihubungi wagataberita.com Selasa (20/06/2017) malam tadi.

Kata dia penyebab banjir itu karena hutan di Kontu dan Warangga sudah gundul sehingga ketika hujan turun, air tidak dapat menyimpan lagi tapi langsung terbawa ke muara di wilayah Kota Raha.

Diapun menambahkan, selain dalam wilayah perkotaan ada sebuah daerah di Muna yang sejak dulu mengalami banjir yakni di desa Wambona. “Di Desa Wambona banjir sejak dulu karena hutan di desa itu sudah gundul.

Febrry Rifai berharap agar masyarakat, juga turut andil dalam mengatasi banjir dengan cara menanam pohon, apakah itu pohon jati, pohon jabon atau pohon apa saja yang dapat menyerap air ketika hujan turun.

Dia menambahkan, acaman banjir itu akan terus terjadi jika hutan di sekitar itu tetap gundul karena itu dia berharap kepada warga untuk berpartisipasi menanam pohon.

Kata Feebrry, antisipasi sementara hanya dengan membuat tanggul penahan air banjir.

“Antisipasinya sementara, membuat tanggul. Tetapi kalau berbicara anggaran, APBD itu tidak akan mampu. Hanya anggaran APBN yang dapat mengatasinya,” tandasnya. (Zainal Arifin Suyoto/Halu)

Check Also

KUNJUNGI LOMBOK PRESIDEN PANGKAS 17 PROSEDUR PENCAIRAN DANA BANTUAN JADI 1 PROSESUR

WAGATABERITA.COM – LOMBOK. Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *