Kamis, 2 Desember 2021, 23:13
Home / SURABAYA / MENHUB TINJAU TOL LAUT PROBOLINGGO
Menteri Perhubungan Saat Melakukan Kunjungan Ke Pelabuhan Terminal Baru Probolinggo, Minggu (20/08/2017), Sumber Foto : Zulkiflie

MENHUB TINJAU TOL LAUT PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO. Dengan menaiki helikopter BK 117, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama rombongan, mendarat di lokasi helipad pelabuhan terminal baru, Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (20/08/2017).

Dalam kunjungannya itu, Menhub meninjau langsung proses penandatangan kerjasama pemanfaatan (KSP), barang milik negara (BMN), untuk pelabuhan Probolinggo dan pelabuhan SINTETE berlokasi di terminal baru pelabuhan Probolinggo. Serta, Pelabuhan SINTETE di Kalimantan Barat, yang merupakan pelabuhan Komersial, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas V SINTETE.

Atas penandatanganan itu, Kementrian Perhubungan bermaksud menyerahkan proses pengelolaan pelabuhan Probolinggo, terhadap pihak BUMD PT Bahari Alta Delta Bahari Nusantara. Tujuannya yakni, agar pelabuhan Probolinggo lebih cepat proses pengerjaannya, sekaligus fungsinya, dengan harapan menjadi pelabuhan alternatif, guna mengurangi arus pelabuhan barat Tanjung Perak Surabaya.

Nantinya, sejumlah daerah yang akan memanfaatkan pelabuhan terminal baru Probolinggo, diantaranya kota/kab Pasuruan, Kab Lumajang, dan Kota/Kab Probolinggo.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan ada 2 pelabuhan yang dipilih dari total 30 pelabuhan dan bandara, yang diserah terimakan Kemenhub untuk dikerjasamakan dengan pihak swasta, BUMD ataupun BUMN. Sementara, Dipilihnya BUMD PT Bahari Alta Delta Bahari Nusantara, sebagai pengelola pelabuhan Probolinggo, lantaran pihak BUMD setempat dinilai berprestasi. Meskipun, di kota Probolinggo sudah ada Pelindo III, yang telah lama mengelola Pelabuhan Tanjung Tembaga.

“Jadi Kemenhub memilih 2 pelabuhan yang ada, untuk dikerjasamakan dengan pihak swasta, BUMD atau BUMN, lantaran kedua pelabuhan dinilai paling siap untuk pengelolaan dan penggunaan Tol laut ini ” ujar Budi. (Zulkiflie/Halu)

Check Also

GW THODY BILANG TUDUHAN ALBERT PADA VERA HOAX

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Memori KEBERATAN atas putusan Hakim Tunggal