Rabu, 28 Juli 2021, 14:08
Home / JAKARTA / RANDOM TEST COVID DIBERLAKUKAN PENUMPANG KRL
Stasiun Kereta Api.

RANDOM TEST COVID DIBERLAKUKAN PENUMPANG KRL

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek di sejumlah stasiun utama diminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar dilakukan tes secara acak (random test) covid – 19 mengingat kasus covid – 19 terus mengalami peningkatan di wilayah Jakarta dan sekitarnya belakangan ini.

Permintaan yang disampaikan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) ini karena KRL merupakan salah satu moda transportasi favorit masyarakat sehingga dianggap perlu mendapat perhatian khusus sebagai bagian upaya bersama untuk menekan penyebaran covid – 19 yang saat ini meningkat signifikan.

Seperti dikutip laman Kemenhub Sabtu (19/06/2021), “saya mendapat laporan, bahwa jumlah pergerakan penumpang KRL per harinya cenderung meningkat, yaitu sekitar 400 – 500 ribu penumpang per hari. Walaupun di masa normal bisa di atas satu juta penumpang, tetapi ini harus kita sikapi mengingat saat ini terjadi peningkatan kasus covid – 19,” jelas Menhub.

Karena peningkatan penumpang tersebut Menhub menugaskan PT KAI lakukan random check di stasiun utama yakni di Gambir, Senen, Manggarai, dan stasiun utama lainnya di lintas Bekasi, Bogor, dan Tangerang yang bertujuan memberi peringatan kepada masyarakat saat ini terjadi peningkatan covid – 19 dan masyarakat diharap tidak melakukan perjalanan jika tidak ada keperluan mendesak.

Agar tak terjadi desak – desakan pada penumpang kereta api Menhub ungkap melalui Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub akan menyediakan bus di sejumlah titik stasiun sebagai alternatif angkutan.

Selain siap melakukan random test Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo menjelaskan pihaknya telah melakukan penerapan protokol kesehatan ketat pada penumpang KRL yakni mewajibkan penumpang memakai masker, mencuci tangan bahkan telah memberi tanda tempat duduk dan tempat berdiri agar penumpang dapat menjaga jarak termasuk kapasitas penumpang dibatasi sebanyak 74 penumpang setiap gerbong.

Diketahui dalam hal ini Kemenhub telah menyiapkan Gedung Asrama Sekolah Perhubungan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pegawai Kemenhub yang terpapar covid – 19, “kalau ada masyarakat sekitar yang terpapar covid – 19 juga bisa dibawa kesini,” kata Menhub. (Red)

Check Also

CHRISTIANTO W BERPULANG INI CATATAN DIDIK J R

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Didik J Rachbini adalah seorang Ekonom INDEF yang