Rabu, 28 Juli 2021, 14:35
Home / JAKARTA / INI JUMLAH VAKSIN YANG TELAH TIBA DI INDONESIA
Ilustrasi Vaksin

INI JUMLAH VAKSIN YANG TELAH TIBA DI INDONESIA

WAGATABERITA. COM – JAKARTA. Dalam rangka memberi sehat pada rakyat Indonesia dan upaya Pemerintah dalam mengatasi penyebaran covid – 19 terus dilakukan berbagai upaya salah satunya terus memberikan vaksin pada masyarakat.

Terbukti saat ini kembali tiba 10 juta dosis vaksin covid – 19 produksi Sinovac dalam bentuk bahan baku atau bulk di Tanah Air, “Alhamdulillah hari ini kita kedatangan lagi 10 juta bulk vaccine, untuk diproduksi oleh Bio Farma menjadi vaksin covid – 19,” ungkap ujar Sekjen Kemenkes Oscar Primadi seperti dikutip laman Setkab Minggu (20/06/2021).

Hingga kini dijelaskan jumlah total vaksin yang diterima Indonesia adalah sebanyak 104.728.400 dosis dimana rinciannya yakni vaksin Sinovac sebanyak 94,5 juta dosis, AstraZeneca 8.228.400 dosis, dan Sinopharm sebanyak 2 juta dosis.

Guna capai kekebalan komunal atau herd immunity ditargetkan pemerintah lakukan vaksin pada 70 persen jumlah penduduk, “Pemerintah selalu hadir dalam rangka mengamankanvsekitar 426,8 juta dosis vaksin covid – 19 ini. Upaya – upaya ini tentunya kita lakukan dalam rangka penyediaan dalam bentuk pendekatan bilateral, multilateral, maupun eksplorasi daripada produk – produk dalam negeri,” jelas Oscar.

Dijelaskan vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm masuk dalam emergency use listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, “vaksin yang disediakan atau yang disiapkan oleh Kementerian Kesehatan ini adalah vaksin yang memang sudah teruji dari sisi pemenuhan dari aspek – aspek keamanan, aspek efikasi, maupun dari hal mutunya. Ini ditandai dengan adanya penerbitan emergency use authorization ataupun izin edar dari produk vaksin tersebut,” tegas Oscar.

Setelah bahan baku yang tiba diproses menjadi vaksin jadi oleh PT Bio Farma kemudian akan di distribusikan, “dengan adanya kedatangan ini kita terus berupaya untuk dapat melakukan distribusi dan kemudian melakukan program vaksinasi agar berjalan dengan baik. Sampai saat ini kita sudah melakukan upaya – upaya percepatan dan penguatan dalam upaya vaksinasi ini,” tutupnya Oscar. (Red)

Check Also

CHRISTIANTO W BERPULANG INI CATATAN DIDIK J R

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Didik J Rachbini adalah seorang Ekonom INDEF yang