Sabtu, 13 April 2024, 13:36
Home / NEWS / 97% DARI RIBUAN EKOR TUKIK AKAN MATI PASCA DILEPAS LIARKAN
Tukik Atau Anak Penyu Yang Akan Dilepas Liarkan Di Pantai Taman Kili - Kili Kecamatan Panggul. Sumber Foto : Ayu Mila Sari

97% DARI RIBUAN EKOR TUKIK AKAN MATI PASCA DILEPAS LIARKAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Ribuan ekor tukik atau anak penyu yang dilepas liarkan ke laut bebas oleh sejumlah wisatawan dan penggiat lingkungan hidup serta para pelajar di Pantai Taman Kili – Kili Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek beberapa waktu lalu dipastikan tidak akan mampu bertahan hidup lebih lama.

Berdasarkan penelitian, dari ribuan ekor tukik atau anak penyu tersebut hanya ada sekitar 3% saja yang mampu bertahan hidup dalam bebas hingga usia dewasa. Diketahui kemampuan bertahan hidup tukik atau anak penyu ini pasca dilepas memang cukup memprihatinkan.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Sekretaris Pokmaswas Konservasi Penyu Taman Kili – Kili Kecamatan Panggul mengatakan bahwa dari jumlah 1000 ekor tukik atau anak penyu yang dilepas liarkan ke laut, diperkirakan hanya akan ada sekitar 30 ekor saja yang mampu bertahan hidup.

“Dari jumlah 1000 ekor anak penyu yang dilepas ke lautan, hanya akan ada sekitar 30 ekor atau 3% saja yang mampu bertahan hidup lebih lama hingga dewasa. Hal ini dikarenakan pasca dilepaskan, anak penyu akan menjadi makanan ikan – ikan besar dan predator lainnya,” ungkap Eko Margono, Jumat (06/10/2017).

Diakui Eko sapaan akrabnya, karena perkembangan penyu yang sangat lambat dan rawan punah menjadi salah satu faktor keberadaan satwa liar ini berkurang. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan jika penyu ini tidak dilestarikan.

“Meski peluang hidup tukik atau anak penyu di laut lepas sangatlah tipis, akan tapi melalui konservasi penyu yang ada di Taman Kili – Kili yang secara rutin menangkar kan tukik bisa turut melestarikan satwa laut penyu untuk dapat dilihat dan dinikmati oleh generasi muda selanjutnya,” tegasnya.

Diharapkan melalui konservasi penyu yang ada di Taman Kili – Kili Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek ini, bisa menangkal penyu dari kepunahan serta dapat membantu pertumbuhan penyu menjadi lebih baik. (Ayu Mila Sari/Halu)

Check Also

SERU JABATAN KADES MINTA DIPERPANJANG SAAT INI ADA USULAN JABATAN GUBERNUR DIHAPUS

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Baru bulan Januari lalu para Kepala Desa (Kades) se Indonesia berkumpul melakukan