Jumat, 19 April 2024, 3:52
Home / NEWS / BEDAH BUKU MARITIME REVIEW DIGELAR DI GEDUNG PTA KOARMATIM
Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Lintas Laut Militer Laksamana Muda TNI Darwanto SH, MAP Saat Menerima Buku Maritime Dari Ketua PPAL Laksamana Madya (Purn) Djoko Sumaryono Di Gedung Panti Tjahaja Armada Koarmatim Surabaya, Selasa (10/10/2017). Sumber Foto : Endri Soedarto

BEDAH BUKU MARITIME REVIEW DIGELAR DI GEDUNG PTA KOARMATIM

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E., mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., dengan didampingi oleh para Asisten Danlantamal V dan Kasatker menghadiri acara sosialisasi buku Maritime Review yang dilaksanakan di gedung Panti Tjahaja Armada Koarmatim Surabaya oleh Ketua PPAL Laksamana Madya (purn) Djoko Sumaryono, Selasa (10/10/2017).

Panglima Armada RI Kawasan Timur yang hadir dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan rahmatNya sehingga bisa menghadiri acara sosialisasi buku maritime review di gedung PTA Koarmatim.

Selanjutnya, Pangarmatim menyampaikan seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini kebijakan kelautan menjadi hal penting dalam pembangunan nasional, kebijakan ini sangat penting dan sesuai dengan letak geografi Indonesia yang sangat strategis disertai dengan sumber kelautan yang melimpah. Indonesia memiliki kepentingan fundamental untuk menguasai dan memanfaatkan laut sebagai urat nadi pembangunan Negara.

Oleh karena itu, kebijakan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia sangatlah tepat dan realistis. tersebut bukanlah hal yang mudah diraih, melainkan menuntut peran aktif dari seluruh komponen bangsa termasuk peran TNI Angkatan Laut dan PPAL sehingga diharapkan dapat mewujudkan karya nyata dalam mendukung pencapaian visi membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Salah satu peran PPAL dalam mendukung kebijakan poros maritim dunia dapat berupa sumbangsih buah pikiran yang diperoleh melalui kajian dan diskusi. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan PPAL adalah “Fokus Group Discussion” yang membahas permasalahan mendasar dilaut sebagai prasyarat terwujudnya negara maritim yang maju. Selanjutnya, hasil dari diskusi tersebut disusun dalam sebuah buku “Maritime Review” ini.

Ada dua makna penting dalam penerbitan buku tersebut yakni sebagai bahan evaluasi terhadap peran PPAL dalam mewujudkan visi poros maritim dunia yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun terakhir dan sebagai bahan informasi sekaligus untuk menyamakan persepsi dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, pungkas Pangarmatim.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Danlantamal Wiltim, para Asisten Pangarmatim, para Dansat, para Komandan Lanal Wiltim, para Kasatker, Kadis dan para perwira staf Koarmatim. (Endri Soedarto/Halu)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …