Minggu, 24 Oktober 2021, 3:01
Home / NEWS / HUKUM / ANTISIPASI AKSI SKIMMING POLISI GANDENG PERBANKAN MELALUI FGD
Acara Focus Group Discussion, Senin (19/03/2018), Sumber Foto : Zulkiflie

ANTISIPASI AKSI SKIMMING POLISI GANDENG PERBANKAN MELALUI FGD

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Kepolisian Resort Probolinggo kota (Polresta), Jawa Timur, Bersama Perbankan melakukan Diskusi Terkait Hacker dan Kejahatan Perbankan, Yang digelar di salah satu Resto yang ada di kota setempat, Senin (19/03/2018).

Mereka yang tergabung dalam Focus Group Discussion (FGD) itu, menyoroti terkait maraknya informasi kejahatan Perbankan. Satu yang tengah ramai diperbincangkan publik saat ini, yakni aksi Skimming (Aktivitas yang berkaitan dengan upaya pelaku untuk mencuri data dari pita magynetik kartu ATM/debit secara ilegal untuk memiliki kendali atas rekening korban, Red).

Menurut Nanang C.P selaku Kepala Badan Perbankan Musyawarah Daerah Kota Probolinggo, Ia menyampaikan, Sampai saat ini di daerahnya belum ada laporan terkait korban Skimming. Namun pihaknya menghimbau masyarakat, Agar terus waspada terhadap tindak kejahatan Perbankan itu.

Nanang menjelaskan, Ada beberapa modus kejahatan bank. Diantaranya, Duplikasi Kartu Kredit Nasabah, Pasang Call Center Palsu, Pencurian Kartu ATM , Copy data ATM atau Skimming. Atas hal itu, Pihaknya mengingatkan agar nasabah berhati – hati.

“Masyarakat harus waspada atas kejahatan perbankan, salah satunya copy data atau skimming,” Ujar Nanang yang juga Kepala Cabang BCA Probolinggo itu.

Sementara, Kapolresta Probolinggo, Akbp Alfian Nurrizal menjelaskan, Jika adanya FGD kali ini merupakan bentuk kewaspadaan, atas maraknya kejahatan Perbankan. Tak hanya pencurian fisik, pencurian data nasabah, atau skimming menurutnya juga perlu diwaspadai. Hal itu, Menyusul tertangkapnya pelaku Skimming lintas internasional, oleh Polda Metro Jaya.

“Langkah ini merupakan bentuk pencegahan kejahatan perbankan khususnya skimming. Ini kewaspadaan pasca tertangkapnya pelaku skimming lintas Internasional,” Ujar Alfian Nurrizal.

Kapolresta juga menghimbau masyarakat, agar selektif dalam menerima infomasi mengenai aksi kejahatan Perbankan seperti Skimming. Pasalnya berdasarkan pantauan petugas, Beberapa informasi yang beredar diantaranya merupakan Hoax. (Zulkiflie)

Check Also

DUGAAN PELANGGARAN PASAL OLEH PENYIDIK POLRES SIDOARJO PADA GUGATAN PRAPERADILAN

WAGATABERITA.COM – SIDOARJO. Sidang gugatan praperadilan tengah dilakukan Kukuh. P. A warga Dukuh Kupang Surabaya