Jumat, 29 Maret 2024, 12:11
Home / NEWS / PUNCAK HANI, BNNK TRENGGALEK RAIH 2 PENGHARGAAN
2 Penghargaan Dari BNNP Jatim Diraih Oleh BNNK Trenggalek.

PUNCAK HANI, BNNK TRENGGALEK RAIH 2 PENGHARGAAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2018, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Trenggalek berhasil meraih 2 piagam penghargaan dari BNNP Jawa Timur 2 perwakilan tersebut yakni komunitas dari SMP Negeri 1 Pule dan penggiat anti narkoba Trenggalek.

Penghargaan tersebut diberikan atas peran sertanya dalam Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Penyerahan piagam langsung dilakukan Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso di Graha Pancasila Kota Batu, Malang.

Kepala BNNK Trenggalek, Akik Subki menuturkan bahwa keberhasilan ini tak luput dari seluruh komponen masyarakat Trenggalek, yang telah komitmen dan dedikasi dalam berkontribusi terhadap kegiatan P4GN.

“Dua perwakilan yang berhasil meraih piagam penghargaan adalah SMPN 1 Pule Trenggalek dari perwakilan lingkungan pendidikan dan Komunitas Cah Rantau Trenggalek (Cantrek),” ucapnya Minggu (22/07/2018).

Akik mengungkapkan, dalam puncak kegiatan hari HANI yang digelar seremonial dan sederhana. Acara tersebut juga dimanfaatkan untuk penyerahan hadiah kepada pemenang lomba HANI 2018 yang dilaksanakan oleh BNNP Jawa Timur.

“Lomba tersebut meliputi, lomba Widgram, Meme, Poster dan lomba Jingle. Pemenang dalam kategori ini, Selanjutnya karyanya akan dipublikasikan oleh BNNP Jatim dan digunakan untuk materi sosialisasi kampanye stop narkoba,” imbuhnya.

Masih terang Akik, keberhasilan ini berkat ke aktifan dalam melakukan upaya – upaya pencegahan di lingkungan sekolah. Seperti penerapan kurikulum mata pelajaran terintegrasi P4GN, sosialisasi bahaya narkoba secara berkelanjutan.

Selain itu, juga kampanye stop narkoba melalui berbagai media seperti baliho, stiker, leaflet, mural dinding sekolah. Pemeriksaan barang bawaan siswa secara rutin, pembentukan satgas anti narkoba serta terobosannya untuk mendirikan Kantin Bersih Narkoba.

Sedangkan Komunitas Cah Rantau Trenggalek (CANTREK) komunitas penggiat anti narkoba binaan BNNK Trenggalek yang beranggotakan para pekerja atau buruh asal Trenggalek. Dalam hal ini bagi yang merantau di kota atau luar negeri memiliki peran strategis mendukung program P4GN.

“Peran CANTREK melakukan upaya pencegahan. Diantaranya, sosialisasi bahaya narkoba secara mandiri dengan melibatkan instansi terkait setempat serta kampanye stop narkoba di setiap ajang kegiatan di Trenggalek,” tutur Akik.

Terpisah Kasi P2M BNNK Trenggalek, Djainul Muttakin mengatakan, pada acara puncak HANI, BNNK Trenggalek juga mendapatkan hadiah berupa Al-Qur’an braille. Bantuan tersebut nantinya akan diserahkan kepada SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek.

Djainul juga memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap pencapaian ini. Keberhasilan ini menurutnya merupakan prestasi yang sangat membanggakan.

“Semoga kedepannya, solidaritas bersama untuk P4GN serta gelora semangat dalam sebuah kebersamaan melawan penyalahgunaan narkoba bisa terbangun di seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Ayu Mila Sari)

Check Also

USAI DIBENTUK INI KEGIATAN PERTAMA PENGURUS PP IWO

WAGATABERITA.COM – JAKARTA. Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) yang terbentuk beberapa waktu …