Selasa, 13 November 2018, 8:24
Home / NEWS / EMIL DARDAK LEPAS BANTUAN PEDULI PALU SIGI DAN DONGGALA
Bupati Trenggalek melepas bantuan peduli bencana yang terjadi di Palu.

EMIL DARDAK LEPAS BANTUAN PEDULI PALU SIGI DAN DONGGALA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Peduli dengan korban bencana yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak melepas bantuan gempa tsunami. Bertempat di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha, Emil Elestianto Dardak didampingi Wakilnya Mochammad Nur Arifin dan Penjabat Sekda Trenggalek, Pariyo, melepas bantuan peduli bencana tsunami dan gempa di Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya.

Seperti yang diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter diikuti dengan tsunami melanda pantai barat Pulau Sulawesi, Indonesia, bagian utara pada 28 September 2018 kemarin.

Pusat gempa berada di 26 km utara Donggala dan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km. Guncangan hebat dan tsunami ini meluluh lantahkan Kota Palu, Sigi, Donggala dan daerah disekitarnya, menyisakan kerusakan dan kepedihan mendalam masyarakat, pasalnya ribuan jiwa dan harta benda melayang.

Bantuan dari bebagai elemen masyarakat Trenggalek, termasuk bantuan Bupati Trenggalek ini diharapkan dapat meringankan beban korban bencana saudara – saudara korban bencana di Sulawesi tersebut.

“Bantuan ini adalah inisiatif bersama. Kegiatan ini tentunya terdapat makna filosofis bagi masyarakat Trenggalek, bukan hanya sekedar mengirim barang, melainkan kita mendukung, memfasilitasi nilai – nilai yang luhur dari masyarakat Trenggalek,” ucapnya, Rabu (24/10/2018).

Suami Arumi Bachsin ini berterima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam bantuan ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pak Wabup, Kadinsos dan semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini,” imbuhnya.

Tak hanya itu, bahkan masyarakat bikin penggalangan sendiri, menunjukkan meskipun Trenggalek mengalami banyak tantangan seperti kekeringan maupun dalam kondisi sulit akan tetapi tetap tidak mengurangi rasa empati masyarakat terhadap saudara kita sebangsa dan setanah air.

Sedangkan Kadinsos P3A Trenggalek, dr. Ratna Sulityowati menambahkan bantuan yang diterima oleh Kabupaten Trenggalek untuk korban bencana Palu, Sigi dan Donggala ada yang berupa uang tunai dan berbentuk barang.

“Alhamdulillah, uang tunai terkumpul sebesar Rp. 156.892.700,- yang berasal dari 34 kelompok masyarakat, mulai dari sekolah, perkumpulan masyarakat, OPD maupun ASN,” tuturnya.

Tak hanya itu, juga ada bantuan masyarakat yang masuk ke rekening BAZNAS sebesar lebih dari Rp. 20 juta, terang Ratna kepada Tim Humas Pemkab Trenggalek.

Setelah dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, disarankan bantuan dari Trenggalek ini tidak didistribusikan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk barang.

Berbekal saran dan informasi ini, Dinas Sosial dan P3A Trenggalek mengkonfersi anggaran yang diterima untuk dalam bentuk barang yang memang sangat dibutuhkan oleh para korban.

“Ada beras sebanyak 3.270 kg, dari SMA Negeri Panggul sebanyak 1.5 ton, 270 kg dari masyarakat dan dari uang yang terkumpul kita belanjakan lagi 1,5 ton sehingga total terkumpul 3.270 kg, kata Kadinsos Trenggalek ini.

Selain itu air mineral sebanyak 360 karton kemasan 1,5 liter, terpal 101 lembar, perlengkapan mandi 600 set (handuk, sabun, sikat gigi dan pelengkapan mandi lainnya), seragam sekolah (mulai dari SD, SMP, SMA) masing – masing 100 stel, baju layak pakai 110 karton, matras 100 buah, susu bayi, pakaian dalam dan bahan makan lainnya.

“Diharapkan bantuan ini bisa segera terdistribusikan dan dapat meringankan beban saudara kita disana, tukas Ratna usai mengikuti pemberangkatan bantuan ini, ” pungkas Ratna. (mil)

Check Also

TANGGAPAN BIJAK CAK YUHAS MENGENAI DIKSI SONTOLOYO DAN GENDERUWO

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tahun 2018 digolongkan menjadi tahun politik, saat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *