Kamis, 15 November 2018, 18:05
Home / EKONOMI / KEMENTRIAN ESDM BAGIKAN 494 CT KE NELAYAN KECIL PROBOLINGGO

KEMENTRIAN ESDM BAGIKAN 494 CT KE NELAYAN KECIL PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Sebanyak 494 paket Converter Kit (CT), dibagikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), kepada para nelayan kecil di Pantai Bahak, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Pemberikan paket CT, diberikan langsung Dirjen Migas Kementrian ESDM Joko Siswanto, kepada perwakilan nelayan setempat.

Pemberian paket CT, disaksikan Direktur Marketing Retail Masud Khamid, Wakil Ketua Komisi 7 DPR Ridwan Hisyam dan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari.

Dirjen Migas Kementrian ESDM, Joko Siswanto menyampaikan, pemberian Converter Kit merupakan bagian pelaksanaan program konversi bahan bakar minyak (BBM), ke bahan bakar gas (BBG) untuk nelayan di seluruh Indonesia.

“Melalui pembagian paket Converter Kit ini, diharapkan bermanfaat bagi nelayan kecil, karena murah, aman, dan tentunya ramah lingkungan,” Ujar Joko, Rabu (31/10/2018).

Joko Siswanto menyebut, konversi penggunaan BBM ke BBG, dapat membantu nelayan menghemat biaya operasional penggunaan bahan bakar, hingga 70 persen.

“Penghematan yang diperoleh bisa mencapai Rp 30 – 50 ribu per hari, tentunya lebih murah,” tukasnya.

Sementara paket konversi BBM ke BBG, terdiri dari beberapa komponen diantaranya, mesin penggerak, konverter kit, dua tabung elpiji tiga kilogram, as panjang dan baling-baling, serta aksesoris pendukung lainnya seperti reducer, regulator, dan mixer.

Lanjut Joko Siswanto, nelayan yang berhak mendapatkan paket sesuai Perpres No 126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG.

Yakni untuk Kapal Perikanan Nelayan Kecil Antara lain, nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah lima gross tonnage (GT), berbahan bakar bensindan memiliki daya mesin di bawah 13 horse power (HP).

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengatakan, pemberian paket konverter elpji bagi nelayan di Kabupaten Probolinggo, pada 2017 lalu ada sekitar 345 paket, sementara di tahun 2018 ini ada 494 paket.

“Jumlah nelayan Kabupaten Probolinggo, ada sekitar 11 ribu orang, dan 78% merupakan nelayan kecil,” ujar Bupati Probolinggo.

Atas pemberian konverter elpiji itu, Bupati Tantri berharap nelayan dapat menjaga, dan menggunakan sebaik – baiknya, serta mengingatkan agar tidak menjual alat bantuan pemerintah itu. (Zulkiflie)

Check Also

TINGKATKAN PAD, DINAS PARIWISATA TRENGGALEK NAIKAN HARGA TIKET KAWASAN WISATA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah di Kota Keripik Tempe ini, Dinas Pariwisata dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *