Kamis, 15 November 2018, 18:11
Home / EDUKASI / HINDARI BALAK MUSIBAH, SANTRI NURUL ISLAM PROBOLINGGO GELAR RABO PUNGKASAN

HINDARI BALAK MUSIBAH, SANTRI NURUL ISLAM PROBOLINGGO GELAR RABO PUNGKASAN

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Diisi dengan doa bersama, ribuan santri pondok pesantren Nurul Islam, bersama warga Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, menggelar Rabo Bungkasan.

Rabo Bungkasan atau malam Rabu di akhir bulan Safar, merupakan agenda tahunan warga Triwung Lor, dan telah menjadi tradisi warga setempat.

Selain melakukan doa bersama di halaman Ponpes pada Rabo Bungkasan, para santri dan warga juga melakukan pawai obor mengelilingi desa. Selama mengikuti pawai obor, mereka tak henti-hentinya mengumandangkan sholawat Burdah.

Pengasuh Ponpes Nurul Islam, Kyai Mochlas mengatakan, melalui Rabo Bungkasan masyarakat dapat mengingat yang maha kuasa. Kyai Mochlas berharap, masyarakat Indonesia dijauhkan dari balak dan musibah.

“Ini bagian cara mengingat yang maha kuasa, apalagi kemarin bangsa Indonesia diterpa beragama musibah mulai gempa, tsunami, hingga pesawat jatuh. Semoga kedepan, tidak ada lagi musibah serupa,” terang Kyai Mochlas, Selasa (06/11/2018).

Kyai Mochlas menjelaskan, konon dalam sejarah Islam di tiap akhir bulan Safar, merupakan waktu turunnya azab serta berbagai penyakit. Oleh karenanya masyarakat, utamanya umat muslim agar selalu berdoa, meminta ampun pada Allah SWT.

Usai pawai obor, Rabo Bungkasan ditutup dengan acara makan bersama, serta meminum air suci yang telah didoakan, dimana berasal dari 7 mata air desa setempat.

Salah seorang santriwati, Yuli mengaku bersyukur dengan adanya Rabo Bungkasan. Melalui kegiatan itu, ia bisa berserah diri kepada sang ilahi, dengan memanjatkan doa – doa atas segala kesalahan yang pernah diperbuat.

“Puji syukur bisa melakukan doa bersama di akhir bulan safar ini pak, semoga kedepan diberikan kehidupan lebih baik, dimudahkan segala masalah, dan jauh dari balak, musibah,” harap Yuli. (Zulkiflie)

Check Also

TINGKATKAN PAD, DINAS PARIWISATA TRENGGALEK NAIKAN HARGA TIKET KAWASAN WISATA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah di Kota Keripik Tempe ini, Dinas Pariwisata dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *