Kamis, 15 November 2018, 18:18
Home / NEWS / WAH, PEMKAB PROBOLINGGO SIAPKAN KANO UNTUK LIHAT HIU TUTUL DI PANTAI BENTAR

WAH, PEMKAB PROBOLINGGO SIAPKAN KANO UNTUK LIHAT HIU TUTUL DI PANTAI BENTAR

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Kemunculan kawanan Hiu Tutul atau “Whale Shark”, tak hanya dapat dijumpai di perairan laut pesisir Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Akan tetapi juga dapat dilihat penampakannya, di perairan laut obyek wisata Bentar, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending.

Dihubungi via seluler, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan, M Sidik Widjanarako mengatakan, kemunculan kawanan Hiu Tutul di Pantai Bentar memang mulai terlihat.

Namun demikian, kemunculan kawanan mamalia laut yang dilindungi itu, intensitasnya masih belum rutin.

“Memang mulai ada tanda – tanda kemunculannya mas, tapi masih belum sering,” kata Sidik, Selasa (06/11/2018).

M. Sidik menjelaskan, bagi wisatawan yang hendak melihat Hiu Tutul dari Pantai Bentar, bisa berkunjung pada pertengahan November, atau mulai pekan mendatang.

“Biasanya pertengahan November, sudah banyak Hiu Tutul yang bermain di perairan laut Pantai Bentar mas. Dan itu akan terus bermunculan, hingga Maret 2019 tahun depan. Selain migrasi, mereka juga mencari Plankton disini, sebagai sumber makanannya,” terang M. Sidik.

Lanjut M. Sidik menyampaikan, jika pihaknya sudah mulai mempersiapkan, momen kemunculan kawanan Hiu Tutul di Pantai Bentar dimana sudah menjadi agenda tahunan.

Selain penambahan 1 unit kapal penumpang, sarana wisata air Pantai Bentar akan disediakan 2 Kano (Perahu Kecil), bagi para wisatawan yang hendak melihat kawanan Hiu Tutul secara dekat.

“Kita siapkan 2 Kano mas, bagi wisatawan yang hendak melihat Hiu Tutul dari dekat. Karena kalo didekati pakai kapal mesin, biasanya Hiu nya menjauh,” tukasnya.

Menurut M. Sidik, untuk kemunculan Hiu Tutul selain ada di Pantai Bentar, biasanya juga muncul di perairan laut obyek wisata Pantai Duta, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

“Yang jelas mulai November ini, hingga Maret mendatang kawanan Hiu Tutul akan bermain – main di perairan laut Probolinggo mas, setelahnya mereka akan migrasi ke Australia,” tandas M Sidik. (Zulkiflie)

Check Also

TINGKATKAN PAD, DINAS PARIWISATA TRENGGALEK NAIKAN HARGA TIKET KAWASAN WISATA

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah di Kota Keripik Tempe ini, Dinas Pariwisata dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *