Sabtu, 17 November 2018, 18:27
Home / ENTERTAINMENT / KKP RI PANTAU KEMUNCULAN KAWANAN HIU TUTUL DI PERAIRAN LAUT PROBOLINGGO

KKP RI PANTAU KEMUNCULAN KAWANAN HIU TUTUL DI PERAIRAN LAUT PROBOLINGGO

WAGATABERITA.COM – PROBOLINGGO. Kawanan Hiu Tutul atau ‘Whale Shark’, kembali muncul di perairan laut Probolinggo, membuat Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Kementrian Kelautan dan Perikanan ‘KKP RI’ , bersama Sat Pol Air Polres Probolinggo melakukan pemantauan, Senin (05/11/2018).

Petugas melihat langsung, kawanan mamalia laut yang tengah bermain – main, dan memakan plankton di perairan laut pantai Bayeman, Kecamatan Tongas.

Mulai yang berukuran 4 meter hingga 8 meter, dijumpai petugas dalam pemantauan Hiu Tutul, bernama latin Rhincodon Thypus itu.

Kasat Pol Air Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, kemunculan Hiu Tutul sudah ada terjadi, sekitar sebulan terakhir. Dalam kedatangannya, Hiu Tutul hendak migrasi serta mencari Plankton sebagai sumber makanan.

“Petugas akan melakukan pengawasan, atas keberadaan Hiu Tutul ini pak, Agar tidak terjaring nelayan dan akhirnya luka,” kata Slamet.

“Sampai saat ini, Hiu Tutul yang sudah bermunculan ada sekitar 15 ekor, dan dimungkinkan jumlah tersebut akan terus bertambah,” tukasnya.

Sementara Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut, Kementrian Kelautan dan Perikanan ‘KKP RI’ , Ir Rusandi menghimbau, para nelayan dan masyarakat, agar ikut menjaga keberadaan Hiu Tutul.

Menurut Ir Rusandi, Hiu Tutul atau Whale Shark merupakan hewan laut yang telah dilindungi, dimana diatur KEPMEN KP No 18/ 2013 Tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Tutul.

“Saya minta masyarakat dan nelayan, ikut menjaga keberadaan Hiu Tutul ini agar tetap lestari, dan tidak punah,” kata Ir Rusandi. (Zulkiflie)

Check Also

HADIRI SEMINAR KEJAKSAAN, PAKDE KARWO MINTA HUKUM HARUS MEMILIKI KEPASTIAN DAN KEADILAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pelaksanaan Seminar Nasional dengan tema “Otoritas Pusat di Kejaksaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *