Sabtu, 25 Mei 2019, 14:57
Home / INTERNASIONAL / DILINDUNGI PENYU HIJAU KEBERADAANNYA DIKABARKAN MENINGKAT
Penyu (google)

DILINDUNGI PENYU HIJAU KEBERADAANNYA DIKABARKAN MENINGKAT

WAGATABERITA.COM – HAWAII. Sebuah survei baru tentang kehidupan laut di Samudera Pasifik menunjukkan bahwa beberapa penyu yang terancam punah kembali tumbuh signifikan, Survei tersebut menunjukkan bahwa populasi penyu hijau di sepanjang puluhan terumbu karang di perairan sekitar Hawaii dan daerah terdekat lainnya tetap stabil atau meningkat dari tahun 2002 hingga 2015.

Para ilmuwan di balik survei menyebut temuan itu sebagai bukti kuat bahwa upaya konservasi seperti larangan berburu berhasil, setelah sering diburu untuk diambil dagingnya, kura – kura laut hijau ditunjuk sebagai spesies yang terancam punah pada tahun 1978 dan sekarang dilindungi oleh hukum AS dan perjanjian internasional.

Diinformasikan perhitungan kura – kura di dalam air lebih akurat daripada menghitungnya di darat yang hanya betina bertelur dan tukiknya yang terlihat. “Sangat memahami dinamika populasi kura – kura membutuhkan lebih banyak perhatian pada kelas umur yang berbeda, dan itu berarti keluar dari air,” kata David Godfrey, direktur eksekutif Sea Turtle Conservancy di Gainesville, Florida seperti dikutip nbc Kamis (02/05/2019).

Jadi Van Houtan dan rekan – rekannya memutuskan untuk megumumkan penghitungan, para penyelam yang dilatih selama 13 tahun untuk menghitung penyu hijau dan penyu sisik mengunjungi 53 terumbu di Pasifik, termasuk tempat – tempat di Hawaii, Kepulauan Marshall dan Samoa Amerika. Dibawa oleh kapal yang bergerak lambat dengan total lebih dari 4.500 mil, para peneliti menghitung lebih dari 3.400 kura – kura.

Penelitian ini mewakili “upaya Hercules,” kata Van Houtan, menambahkan, “Ini adalah jenis data dan jenis studi yang kita inginkan begitu lama.”

Analisis kepadatan penyu meningkat paling banyak di daerah – daerah yang cenderung memiliki beberapa kura – kura pada awal periode sensus, termasuk Kepulauan Hawaii. Kepadatan penyu terbesar terlihat di Wilayah Kepulauan Terpencil Pasifik, pulau – pulau tak berpenghuni di barat Hawaii, dengan rata – rata 3,62 penyu hijau per kilometer.

Sedangkan penyu sisik sementara kalah jumlah dengan penyu hijau sebanyak 11 banding 1 “jumlah mereka belum benar – benar kembali,” kata Van Houtan tentang penyu sisik.

Kepadatan penyu tertinggi terlihat di wilayah terdapat banyak lamun dan ganggang untuk dimakan penyu, kehadiran manusia yang minimal, dan yang paling penting, suhu air pada 80 hingga 82 derajat Fahrenheit. Penyu berkembang di lingkungan “Goldilocks” itu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Sementara Van Houten waspada dengan efek dari langkah ini pada ekosistem terumbu karang yang lebih besar, dia optimis tentang peluang penyu untuk bertahan hidup, “Mereka adalah hewan yang sangat ulet, dan mereka telah hidup selama jutaan tahun,” katanya. “Kura – kura tidak akan berguling dan mati.” (Red)

Check Also

KOTA PROBOLINGGO RESMI MILIKI MPP

WAGATABERITA.COM-PROBOLINGGO, Pemerintah Kota Probolinggo akhirnya