Rabu, 26 Juni 2019, 4:51
Home / NEWS / HUKUM / INILAH PEMBUNUHAN JURNALIS KEENAM DI MEKSIKO
Olah TKP Pembunuhan Wartawan di Meksiko. (reuther)

INILAH PEMBUNUHAN JURNALIS KEENAM DI MEKSIKO

WAGATABERITA.COM – MEKSIKO. Begitulah resiko menjadi seorang reporter, nyawanya dapat terancam sewaktu – waktu, begitu yang terjadi pada seorang reporter di Mesiko.

Reporter yang biasanya bertugas di bagian kejahatan ini telah ditembak dan dibunuh di resor pantai Playa del Carmen di pantai Karibia Meksiko kata pihak berwajib setempat bernama Francisco Romero.

Di bawah pemerintahan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador sebagai seorang reporter polisi untuk surat kabar “Quintana Roo, Hoy” dan direktur situs berita lokal “Ocurrio Aqui” Romero adalah korban tewas terakhir yang mayatnya ditemukan di luar sebuah bar di Playa del Carmen di negara bagian Quintana Roo, kata jaksa setempat.

Seperti di kutip di reuters Jumat (17/05/2019) Jaksa penuntut negara mengatakan dalam sebuah pernyataan motif pembunuhan itu tidak jelas dan penyelidikan masih berlanjut.

Diketahui Romero pernah melaporkan ancaman terhadap dirinya bahkan baru – baru ini sempat memposting sebuah video yang mengatakan bahwa dia telah diculik, ditutup matanya dan dipukuli oleh penyerang yang tidak dikenal.

Playa del Carmen dekat resor populer di Cancun, daerah itu telah menjadi titik perang antara geng – geng lokal yang berjuang untuk mengendalikan kekuasaan kriminal.

Pasal 19, sebuah kelompok advokasi kebebasan berbicara menyatakan Romero adalah jurnalis keenam yang dibunuh sejak Lopez Obrador berkuasa sejak awal Desember, ditambahkan program Pemerintah yang dirancang untuk memberikan perlindungan kepada reporter yang berisiko harusnya dapat melindungi Romero.

Lopez Obrador memenangkan pemilihan Juli lalu berjanji untuk mengatasi kekerasan yang merajalela di Meksiko, terhitung rekor pembunuhan hampir 29.000 tahun lalu. Sejauh ini pembunuhan masih meningkat ditahun 2019 kasus pembunuhan hampir melampaui kasus pembunuhan 2018 tahun lalu. (Red/*)

Check Also

JEPANG CIPTAKAN KERETA TERCEPAT MENGALAHKAN KERETA CHINA

WAGATABERITA.COM – JEPANG. Diketahui dulu Jepang digelar pemilik kereta api tercepat