Senin, 26 Agustus 2019, 16:13
Home / EDUKASI / DAPAT 9 ORANG SISWA BARU SDN 12 KATOBU BERHARAP SISTEM ZONASI DITETAPKAN DALAM PPDB
SDN 12 KATOBU KABUPATEN MUNA SULTRA

DAPAT 9 ORANG SISWA BARU SDN 12 KATOBU BERHARAP SISTEM ZONASI DITETAPKAN DALAM PPDB

WAGATABERITA.COM – MUNA. Walau masih dalam upaya perbaikan sistem zonasi, dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan (Kemendikbud) RI, namun alangkah tak eloknya jika sistem PPDB itu jika hanya dilaksanakan oleh Sekolah Menengag Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pasalnya, jenjang Sekolah Dasar pun (SD), juga perlu melaksanakan sistem PPDB Zonasi, dikarenakan sebahagian besar SD hampir ada yang tidak mendapatkan peserta didiknya pada tahun ajaran baru ini.

Seperti halnya SD Negeri 12 Katobu Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pada tahun ajaran baru 2019 – 2020 ini, mendapatkan peserta didik barunya hanya sebanyak sembilan orang.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 12 Katobu, Sahimuddin,S.Pd, kepada wagataberita.com diruang kerjanya, sangat mengharapkan sistem PPDB Zonasi, juga untuk dilaksanakan pada SD secara umum sehingga pemerataan pendidikan dalam proses PPDB berjalan baik.

Hal itu diungkapkannya karena melihat kondisi siswa disekolahnya sejak sebelum ia menjadi Kepsek disekolah itu terus – terusan mendapatkan peserta didik yang tidak merata jumlahnya seperti halnya disekolah – sekolah lainnya yang ada di Muna.

“Kami juga sudah sering melakukan sosialisasi ke masyarakat – masyarakat dikisaran sekolah, namun buntutnya pada setiap tahun ajaran baru dalam menerima peserta didik baru itu, pasti selalu saja minim hasilnya,” Kata sang Kepala Sekolah.

Kondisi Saat ini SDN 12 KATOBU MUNA

Ditahun ajaran baru 2018, kata Kepsek SDN 12 itu, selain mendapatkan jumlah siswa yang sedikit, kami selalu hanya menunggu peserta didik yang pindahan.

“Tahun ajaran 2018 – 2019 jumlah keseluruhan murid kami dari kelas 1 hingga kelas 6 sebanyak 83. Dan ditahun ajaran itu yang tamat berjumlah 22 orang. Di tahun ajaran 2019 – 2020 ini, yang masuk siswa baru itu 9 orang dan saat ini peserta didik kami jumlahnya menjadi 70 orang siswa secara keseluruhan,” terang Sahimuddin sembari mengatakan disekolah lainnya ada yang berjumlah 60 hingga 80 orang peserta didik barunya.

Lanjutnya, bahwa proses PPDB dengan tidak diberlakukannya sistem Zonasi, selain banyaknya sekolah swasta, juga menimbulkan tidak tertatanya pemerataan peserta didik dalam proses PPDB disetiap tahunnya.

“Semoga saja ditahun ajaran selanjutnya, pada PPDB kemendikbu RI dapat memberlakukan sistem zonasi. Maka akan lahirlah pemerataan peserta didik yang berkeadilan sosial,” tutupnya. (ZAS).

Check Also

SUSAN BUDIHARJO LEMBAGA PENGEMBANGAN BAKAT DUNIA FASHION

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Alumnus Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budiharjo akan ikut meramaikan kegiatan