Jumat, 26 April 2024, 11:00
Home / NEWS / ANTISIPASI PASIEN COVID MENINGKAT PEMPROV JATIM SIAPKAN GEDUNG PUSLITBANG HUMANIORA SEBAGAI RS DARURAT
Wagub Emil.

ANTISIPASI PASIEN COVID MENINGKAT PEMPROV JATIM SIAPKAN GEDUNG PUSLITBANG HUMANIORA SEBAGAI RS DARURAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Persiapan demi persiapan terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka mengatasi penyebaran kasus virus Covid – 19 termasuk dalam rangka mempersiapkan tambahan Rumah Sakit darurat baru untuk pengobatan pasien corona yang semakin bertambah jumlahnya.

Dalam hal ini Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak menyampaikan akan ada RS Darurat tambahan untuk isolasi pasein Covid – 19, “hari ini ada RS Darurat Puslitbang Humaniora Surabaya yang disiapkan untuk bisa jadi RS rujukan baru. Ada juga RS Infeksi Airlangga, semoga bisa menambah signifikan kapasitas untuk merawat pasien Covid – 19 di Jawa Timur,” katanya saat jumpa pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (03/05/2020) malam.

Jumlah pasien yang overload di Jawa Timur cukup mengkhawatirkan sehingga persiapan tambahan RS dan bed baru terus dilakukan, “hari ini saya dapat instruksi dari Bu Gub untuk menghubungi pejabat kemenkes sampai Menkes. Alhamdulillah, Menkes sudah mengizinkan gedung Puslitabng Humaniora untuk dipakai sebagai RS darurat,” kata Ketua Tim Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid – 19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi.

Ditambahkan Dirut RSU dr Soetomo Surabaya ini gedung Puslitbang Humaniora ukurannya cukup besar, “kita tahu ini (Puslitbang Humaniora, red) besar sekali kalau (menampung) 500 pasien mampu,” ujarnya.

Lokasi gedung yang berada di Jalan Indrapura Surabaya tersebut kata Joni telah dicek, “tadi bersama dengan Pak Sekdaprov Jatim (Heru Tjahjono) dan PU Cipta Karya sudah maping dan identifikasi. Sementara yang bisa dipakai 100 – 200 bed untuk ruang isolasi ringan sampai sedang,” ungkapnya.

Perbaikan dan pembenahan AC yang kurang serta sistem drainase akan dilakukan, semoga RS darurat Puslitbang Humaniora itu dapat membantu perawatan tren opname pasien Covid – 19, “Mudah – mudahan 2 atau 3 hari ini bisa selesai dan bisa digunakan, ini gedung tua sama seperti Soetomo. Bahkan, lebih baik ini. Semoga bisa untuk merawat pasien Covid – 19 di Jatim,” pungkas Joni. (Red)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …