Jumat, 5 Juni 2020, 9:34
Home / NEWS / TREN PENYEBARAN COVID MASIH TINGGI SAAT PSBB MASYARAKAT DIMINTA DISIPLIN JALANI PROTOKOL KESEHATAN

TREN PENYEBARAN COVID MASIH TINGGI SAAT PSBB MASYARAKAT DIMINTA DISIPLIN JALANI PROTOKOL KESEHATAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Diketahui Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya mengatasi penyebaran wabah corona salah satu dengan menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar keadaan ini segera membaik dan penyebaran corona segera menurun dan dapat teratasi dengan baik.

Per hari ini Kamis (07/05) Pemprov Jatim melalui Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak memberi update jumlah pasien kondisi saat ini diantaranya pasien sembuh di Jatim terdapat lima orang, “sehingga sampai hari ini, total ada 210 orang yang sebelumnya positif Covid – 19, kini telah sembuh atau terkonversi negatif,” katanya saat memimpin sesi Konferensi Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Dijelaskan kelima pasien yang dinyatakan sembuh berasal dari Kabupaten Lumajang dua pasien, Kabupaten Nganjuk, Tulungagung, dan Kabupaten Tuban masing – masing satu pasien, dari perkembangan penanganan Covid – 19 di Jatim jumlah kasus positif bertambah 45 kasus. Sehingga secara keseluruhan terdapat 1.265 kasus positif Covid – 19 di Jatim.

Diantaranya terdapat kasus baru di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 12 orang Kota Surabaya 6 orang, dan 3 orang di Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan, Kota Malang, dan Kabupaten Bojonegoro, dua kasus baru juga muncul di Kabupaten Lamongan, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Pasuruan termsuk satu kasus baru juga terdapat di Kota Batu, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Pacitan, Jumat (08/05/2020).

Peta penyebaran covid Jatim.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Jatim saat ini terdapat 20.759 orang tetapi yang masih dalam pantauan ada 4.853 orang (23,38%) dan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 3.802 orang yang masih diawasi hanya 1.833 pasien (48,21%), sedangkan pasien yang meninggal bertambah 5 orang yakni 2 orang dari Kabupaten Sidoarjo, sementara Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Magetan masing – masing 1 orang yang secara keseluruhan berjumlah 137 orang (10,83%).

Naiknya tren kasus positif Covid – 19 di Jatim dengan angka cukup tinggi sehingga memerlukan perhatian yang lebih serius agar bisa menurun, “kegiatan physical distancing, social distancing, kemudian pola hidup sehat, serta stay at home ini harus terus dilakukan, dengan lebih disiplin. Khususnya di Surabaya, karena kasusnya yang paling tinggi. Kita harus berhati – hati dan terus melakukan evaluasi dari kasus Covid – 19 ini,” tegas Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Jawa Timur, dr. Joni Wahyuhadi. (Red)

Check Also

TAK ADA YANG KEBAL PADA CORONA GUBERNUR HARAP PASIEN SEMBUH EDUKASI MASYARAKAT AGAR WASPADA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA Peningkatan korban positif Covid – 19 tak