Sabtu, 20 April 2024, 2:36
Home / NEWS / GUNA MENEKAN ANGKA KORBAN COVID MASA TRANSISI NEW NORMAL MALANG RAYA DIPERPANJANG
Gubernur Khofifah saat memutuskan perpanjangan masa transisi Malang Raya.

GUNA MENEKAN ANGKA KORBAN COVID MASA TRANSISI NEW NORMAL MALANG RAYA DIPERPANJANG

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) wilayah Malang Raya telah dilanjutkan ke masa transisi new normal beberapa waktu lalu yang saat ini kembali diperpanjang hingga tujuh hari kedepan atau hingga 13 Juni 2020.

Menurut Gubernur Jawa Timur saat Vidcom dengan tiga kepala daerah se Malang Raya mengatakan, “panduan dari WHO salah satu syarat menuju new normal rate of transmission harus kurang dari satu, sedangkan perhari ini rate of transmission Malang Raya masih 1,23 jadi belum bisa new normal,” katanya.

Dari Gedung Negara Grahadi Gubernur Khofifah mengatakan Sabtu (06/06/2020) adalah hari terakhir transisi pasca PSBB. Karena rate of transmission tidak memenuhi panduan WHO maka terhitung mulai Minggu, transisi kedua Dimulai.

Disampaikan Bupati dan Walikota Malang serta Walikota Batu tidaklah mudah mengubah kultur masyarakat untuk disiplin, “dari laporan bapak ibu Bupati dan Walikota diketahui jika banyak masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan selama masa transisi,” ucap Gubernur.

Kampung tangguh menjadi harapan Gubernur sebagai sarana pendisiplinan masyarakat dari lini terbawah, “kampung tangguh sudah jadi rule model, dan harus dijalankan bukan hanya masa transisi tetapi juga saat penerapan new normal,” harapnya.

Masa transisi tahap dua akan dilakukan demi menekan angka penularan Covid – 19, “kami tidak buru – buru Masuk new normal, Kami takut nanti akan menambah jumlah pasien positif akibat banyaknya masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan,” imbuh Walikota Kota Malang, Sutiaji.

Sementara Sanusi Bupati Malang minta Rumah Sakit Prima Husada dijadikan tempat rujukan, “kami siap menjalankan transisi kedua, tapi kami juga berharap Rumah Sakit Prima Husada jadi tempat rujukan agar pelayanan kesehatan bisa maksimal,” pintanya.

Dan terakhir Walikota Batu Dewanti Rumpoko juga sepakat kalau masa transisi diperpanjang agar angka positif Covid – 19 Malang Raya bisa terus ditekan. (Red)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …