Senin, 28 September 2020, 10:03
Home / NEWS / PANDEMI IRGL 2020 DISELENGARAKAN AGAR SISWA DAPAT BELAJAR LOGIKA DENGAN MENYENANGKAN
Peserta kompetisi IRGL.

PANDEMI IRGL 2020 DISELENGARAKAN AGAR SISWA DAPAT BELAJAR LOGIKA DENGAN MENYENANGKAN

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Pandemi Corona tak menghalangi kehadiran Informatics Rally Games and Logic (IRGL) 2020 yakni kompetisi tahunan menyenangkan sambil belajar logika bagi siswa SMA se – Indonesia yang digelar daring oleh Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis (SIB) UK Petra selama tiga hari mulai Jumat (04/08) hingga Minggu (06/09/2020).

Alexander Setiawan, S.Kom., M.T., selaku dosen Pembina IRGL 2020 mengatakan, “kali ini berhasil menjaring peserta hingga 85 kelompok dengan dua hingga tiga siswa tiap kelompoknya. Jadi kurang lebih 241 siswa SMA jumlahnya mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Waingapu, Jember, Malang, Samarinda, DKI Jakarta, Tasikmalaya, Bandung, Denpasar hingga Banda Aceh,” jelasnya.

Dengan Tema Thrones Of The Phoenix, “kami ingin peserta IRGL 2020 belajar seperti burung phoenix yang bukan tidak bisa mati, kita juga bukan tidak boleh gagal. Kita boleh gagal, tapi seperti sang phoenix yang selalu bangkit, kita juga tidak boleh lupa untuk bangkit kembali,” ungkap Henry Wicaksono selaku ketua panitia.

Pengerjaan soal selama Pandemi dilakukan melalui website IRGL 2020 dimana pada hari pertama dicari 20 tim dengan nilai tertinggi melaju ke babak penyisihan dimana peserta mengerjakan babak penyisihan berupa soal pilihan ganda dengan materi berupa soal berbasis logika dan matematika.

Selanjutnya pada hari kedua 20 tim yang lolos dari babak penyisihan akan mengerjakan babak semifinal berupa game dan puzzle logika yang dikemas dengan sistem pooling dimana nama game nya antara lain Dog Bowls, Blood and Cells, Greater and Less, Monochrome, Gymnastics, Number Circles, Which is Which, Self – Referencing Puzzle, Connections, Mirrors.

Poster IRGL 2020.

Waktu, Jumlah game yang diselesaikan dan Jumlah jawaban salah menjadi skor akhir penilaian dan enam tim dengan nilai tertinggi pada babak semifinal akan melaju ke babak final. Selanjutnya hari ketiga mulai pukul 17 : 00 hingga 20 : 00 WIB enam tim akan mengerjakan soal menggunakan konsep escape room di https://calvinkmts.itch.io/irgl-2020.

Selanjutnya tambah Alex, “sistem game hari ini bukan game kecil akan tetapi escape room secara keseluruhan, di mana para peserta nanti keliling escape room untuk mengumpulkan clue yang tersedia untuk menyelesaikan tantangan yang ada di dalam escape room nya,” terangnya.

Dijelaskan, enam lantai yang harus diselesaikan yang perhitungannya berdasarkan poin didapat dari menyelesaikan tantangan di escape roomnya, level (lantai) diselesaikan dengan waktu diperhitungkan, sementara batas waktu mengerjakan game final adalah 110 menit dan tiga tim nilai tertinggi akan keluar sebagai juara I, II, dan III. (Red)

Check Also

PJS BUPATI TRENGGALEK BILANG OPERASI YUSTISI AGAR MASYARAKAT SADAR PROTOKOL KESEHATAN

WAGATABERITA.COM – TRENGGALEK. Berbagai upaya Pemerintah dalam rangka