Jumat, 19 April 2024, 10:21
Home / NEWS / SUKSES JAGA PERSAINGAN USAHA SEHAT DAN IDEAL JATIM DIANUGERAHI PENGHARGAAN KPPU AWARD 2020
Piagam Penghargaan KPPU Award 2020.

SUKSES JAGA PERSAINGAN USAHA SEHAT DAN IDEAL JATIM DIANUGERAHI PENGHARGAAN KPPU AWARD 2020

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Berbagai penghargaan terus diraih Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kali ini penghargaan di tingkat nasional Pemprov Jatim kembali meraih penghargaan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) Award Pratama Kategori Persaingan Usaha Daerah.

Selain persaingan Usaha yang sehat dan kondusif penghargaan didapat sebagai bentuk apresiasi KPPU terhadap Jatim yang berhasil melaksanakan prinsip usaha yang baik dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Pemerintah dan dukungan juga upaya mendorong persaingan usaha yang sehat serta membangun pola kemitraan ideal.

Dalam hal ini Kepada Kadisperidag Provinsi Jatim Drajat Irawan mewakili Gurbernur Khofifah Indar Parawansa menerima penganugerahan KPPU Award 2020 diserahkan Ketua KPPU Pusat Kurnia Toha dimana Gubernur Jatim mengungkapkan akan mendukung upaya KPPU sebagai lembaga independen yang bertugas dalam mengawasi pelaksanaan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mendorong nilai – nilai persaingan usaha yang sehat dan proporsional yang menjadi bagian penting dari kebijakan ekonomi dan sejalan dengan prinsip persaingan usaha sehat sesuai dengan UU nomor 5 Tahun 1999, serta upaya membangun pola kemitraan yang ideal berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008,” terang Khofifah.

Indikator penilaian KPPU Award yang pertama kali digelar pada tahun 2020 ini dimana proses penilaian dilakukan sejak Juni ditetapkan meliputi Inisiatif Pemerintah Provinsi mendorong persaingan usaha di daerahnya yang berkoordinasi dan konsultasi ke KPPU, menginisiasi dan melaksanakan kerja sama, serta menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti diskusi/seminar atau forum lain terkait persaingan usaha dan kemitraan.

Selanjutnya Indikator penilaian adalah kontribusi Pemerintah Provinsi secara langsung maupun tidak memfasilitasi berbagai agenda KPPU di wilayahnya dan terakhir yakni Pemprov Jatim dinilai melibatkan KPPU langsung sebagai bagian dari tim dalam pelaksanaan pengawasan persaingan dan pengawasan kemitraan.

Khofifah menambahkan, “semoga apresiasi ini bisa memberikan tambahan semangat bagi kami untuk selalu bersinergi dengan KPPU dalam mewujudkan persaingan usaha dan kemitraan yang sehat di Jawa Timur, guna mendorong ekonomi daerah dalam mewujudkan masyarakat Jawa Timur yang semakin sejahtera,” tutupnya. (Red)

Check Also

PSI MENANG BPJS GRATIS MULAI DIGAUNGKAN DI SURABAYA

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Tak main – main janji program yang akan dilakukan Partai Solidaritas Indonesia …