Sabtu, 26 Mei 2018, 15:21
Home / EKONOMI / STABILKAN HARGA SEMBAKO, BULOG JATIM SEGERA OPERASI PASAR
Bambang Haryo, Anggota DPR RI, Komisi VI (Kiri) Yang Mengenakan Batik Dan Usep Karyana, Kepala Devisi Regional Bulog Jatim. Sumber Foto : Riski Utomo Putri

STABILKAN HARGA SEMBAKO, BULOG JATIM SEGERA OPERASI PASAR

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Jelang Ramadhan, Bulog Divre Jawa Timur, menjamin stabilisasi harga bahan pangan. Untuk itu Kepala Bulog Divre Jatim, Usep Karyana, akan gelar operasi pasar (OP) pada Rabu besok (17/05) ke seluruh RPK (Rumah Pangan Kita).

Harga bahan pokok yang akan distabilkan diantaranya, gula, beras, bawang putih dan bawang merah. Bulog Jatim juga telah mempersiapkan stok beberapa bahan pangan tersebut.

Saat ini stok beras di Jatim mencapai 8 – 9 ton/hari yang tersebar di 2.968 RPK atau outlet penjualan pangan pokok milik Bulog, dan 13 Subdivre di 38 Kabupaten/Kota. Sedangkan stok bawang putih saat ini mencapai 120 ton.

Pada operasi pasar itu, beras akan dijual dengan harga Rp 5.300/kg, sedangkan bawang merah dijual Rp 22.000/kg. Sementara itu stok bawang putih yang kini harganya melejit hingga Rp 55.000 – Rp 60.000, melalui operasi pasar akan dijual Rp.28.000/kg.

“Bulog Divre Jatim memiliki stok 120 ton bawang putih yang siap untuk operasi pasar. Harga bawang putih yang kita jual berkisar di angka Rp 28.000/kg,” ujar Usep pada saat menerima kunjungan Anggota DPR RI Bambang Haryo, Selasa (16/05/2017). Kunjungan itu untuk melihat secara langsung kesiapan Bulog Jatim menyambut Ramadhan.

Anggota DPR RI Komisi VI, Bambang Haryo berharap agar Pemerintah, termasuk pemerintah di Jawa Timur (Jatim), segera mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi dan mengatasi kenaikan harga bahan pokok.

Anggota Banggar DPR RI itu menambahkan, pemerintah segera menunjukkan komitmennya dalam menjaga kestabilan harga dari 11 bahan pokok yang krusial untuk menyambut bulan Ramadhan.

“Pemerintah harus segera mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi meroketnya harga 11 bahan pokok,” tandasnya.

Ia juga berharap agar harga 11 bahan pokok krusial tersebut, tidak dapat dipermainkan dengan mudah oleh mafia, khususnya pada ramadhan nanti. “Pemerintah harus segera menunjukkan komitmennya dalam menjaga kestabilan 11 harga bahan pokok,‘’ katanya. (Riski Utomo Putri/Halu)

Check Also

SAMAKAN FREKUENSI ANTARA ESEKUTIF DAN LEGISLATIF GUNA BANGUN JATIM UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGATABERITA.COM – SURABAYA. Acara Buka puasa Bersama kembali dilakukan Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, kegiatan kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *